Kamis, 28 Jan 2021 13:30 WIB

Satgas COVID-19 Klaten Laporkan Keluhan Gembreges-Nyeri Lokal Usai Vaksin

Achmad Syauqi - detikHealth
Kemenkes mencatat 132.004 orang tenaga kesehatan di Indonesia sudah disuntik virus Corona. Angka itu adalah 22 persen dari total 598.483 Nakes yang akan divaksin. Ilustrasi vaksin COVID-19 (Foto: Ari Saputra)
Klaten -

Selama empat hari berjalannya vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Klaten, ditemukan beberapa gejala ringan pada penerima. Gejala yang umum hanya gembreges atau meriang disertai nyeri lokal.

"Semua sudah kita sampaikan di rapat, semua lancar saja tidak ada kendala. Yang ada hanya gembreges atau meriang ringan tapi saat diukur suhunya normal," jelas Koordinator Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Percepatan Pengendalian COVID-19 Kabupaten Klaten dokter Cahyono Widodo pada detikcom, di Pemkab Klaten, Kamis (28/1/2021).

Cahyono mengatakan dari total tenaga kesehatan 5.993 orang yang divaksin di tahap awal tidak ada yang menolak. Semua vaksinasi di fasilitas kesehatan berjalan sesuai rencana.

"Vaksinasi masih berjalan. Kita akan terus evaluasi sampai nanti kita akan ikuti selama 28 hari tapi jumlahnya berapa yang sudah divaksin belum semua laporan masuk," lanjut Cahyono.

Gejala meriang ringan, imbuh Cahyono merupakan gejala umum dari vaksinasi selama ini. Selain meriang juga ada nyeri lokal yang umum dialami.

"Ya itu tadi cuma gembreges tapi suhu tubuh normal dan setelah itu hilang. Ada nyeri lokal, nyeri lokal itu biasa saat vaksinasi tapi dampak lainnya tidak ada," sambung Cahyono.

Tim Ahli Satgas Percepatan Pengendalian COVID-19 Kabupaten Klaten dokter Roni Reokmito mengatakan secara umum tidak ada keluhan pasca vaksinasi. Hanya keluhan ringan.

"Secara umum tidak didapatkan keluhan pasca vaksinasi. Yang ditemukan hanya keluhan ringan sakit ditempat suntikan, gemreges, ngantuk yang kemudian hilang," jelas Roni.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 786 tenaga kesehatan (nakes) di Klaten gagal mengikuti vaksinasi Corona tahap pertama hari ini. Jumlah yang semula direncanakan 6.779 orang, pada hari pencanangan dimulainya vaksinasi hanya tinggal 5.993 orang.

"Ya ini tadi cuma tinggal 5.993 orang. Sebab ada 16 poin syarat orang untuk bisa divaksin," ungkap Koordinator Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Percepatan Pengendalian COVID-19 Kabupaten Klaten, dokter Cahyono Widodo, kepada wartawan di RSD Bagas Waras Klaten saat pencanangan vaksinasi COVID, Senin (25/1/2021).



Simak Video "WHO Peringatkan Vaksin Bakal Terbatas di Tahun 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)