Jumat, 29 Jan 2021 07:40 WIB

Viral Kamar Kost Penuh Sampah dan Kecoak, Netizen Duga Hoarding Disorder

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
viral tiktok Viral di TikTok kosan penuh sampah dan dipenuhi kecoak. (Foto: Tangkapan Layar Tik Tok)
Jakarta -

Viral kamar kost penuh sampah dan puluhan kecoak. Video yang diunggah @akuinezaryns di akun TikTok pribadinya ini menuai banyak respons netizen, termasuk dugaan sang penghuni mengidap hoarding disorder.

"Hoarding disorder tidak bisa disepelekan, sehingga membutuhkan penanganan yang tepat agar hidup seorang hoarder tidak terganggu," timpal salah satu netizen s*****sa.

Dalam videonya, Inez bercerita kalau penghuni kostan tersebut memiliki kebiasaan menimbun sampah. Bahkan, tetangga kostannya disebut menumpuk bekas pembalut di toilet.

Kondisi kamar sang penghuni kost diceritakan Inez terungkap saat sang pemilik kost akan membersihkan seluruh kamar mandi kost setiap kamar. Kala itu, sang penghuni sempat menolak siapapun masuk ke kamarnya hingga akhirnya tetap dibuka oleh pemilik kost.

"Ini kondisi kamar tetangga kosan aku, jadi dia itu kayak freak gitu guys, yang nempatin kosan ini, yang nempatin kamar ini tuh perempuan, dia tuh selama ini kaya punya kebiasaan ngumpulin sampah bekas dia makan dan lain-lain sampai segitu banyaknya," cerita Inez, wanita asal Cirebon.

"Dan lebih parahnya lagi di kamar mandinya itu ada tumpukan pembalut, kayak disengaja ditumpuk gitu lho guys, gila bayangin itu kecoak udah dimana-mana, udah jadi sarang," sambil menunjukkan kondisi kamar.

viral tiktokviral tiktok Foto: Tangkapan Layar Tik Tok

Meski begitu, Inez mengaku kalau tak tahu jika kebiasaan menimbun sampah kemungkinan bisa disebabkan karena adanya gangguan kesehatan mental. Ia pun mengunggah video tersebut hanya berbagi pengalaman dan pelajaran untuk setiap penghuni kost.

"Kita semua di sini bukan bermaksud ngejudge dia karena sama skali gak ada niatan untuk itu, kita juga sebagai penghuni kosan kaget juga kan," tuturnya.

Ia menceritakan, sang penghuni kamar memang jarang bersosialisasi meski sudah ngekost selama 5 tahun. Meski kamarnya penuh dengan sampah dan kecoak, ia mengaku tak pernah curiga lantaran tak mencium baru apapun saat melewati kamarnya.

"Jadi dia tuh udah ngekost di sini selama 5 tahun, nah selama ngekost di sini tuh dia nggak pernah bersosialisasi dengan orang lain, dia pulang kerja tuh dia langsung masuk kamar," kata Inez.

"Tiap dia pulang kerja naik ke atas yaudah dia langsung ke kamar kosannya dan setahu penghuni kosan sini dia tuh setiap mau makan dan apapun tuh selalu pesan grabfood atau gofood," tuturnya.

Inez juga mengaku jika setiap penghuni kostan jarang melihat tetangganya tersebut membuang sampah di luar.

"Bahkan bukan jarang sih kaya memang hampir nggak pernah ngeliat dia buang sampah di luar," lanjutnya.

Simak kelanjutan cerita lengkapnya di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Langgar Kode Etik, dr Kevin Samuel Kena Sanksi IDI "
[Gambas:Video 20detik]