Sabtu, 30 Jan 2021 05:42 WIB

Ragam Tes Corona yang Tak Terpikir Sebelumnya, Anal Swab hingga Tes Bau Ketiak

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Beautiful girl is having severe stomach pain while traveling. Anal swab test tengah jadi perbincangan (Foto: Thinkstock)

2. Tes hembusan napas

Serupa dengan i-nose c-19, tes COVID-19 besutan para ilmuwan dari Universitas Gadjah Mada (UGM) ini juga memakai teknologi AI untuk mendeteksi senyawa tertentu yang ditemui pada napas pengidap COVID-19.

Alat tersebut diberi nama GeNose, yang kini sudah mendapat izin edar dari Kementerian Kesehatan RI dan digunakan di stasiun sebagai syarat perjalanan dengan kereta jarak jauh. Namun ditegaskan, GeNose berfungsi sebagai screening dan bukan alat diagnostik.

Dijelaskan oleh Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro, GeNose bekerja dengan cara memproses sampel napas yang dikumpulkan pada sebuah plastik atau balon. Kemudian sampel tersebut dimasukkan ke dalam sensing unit, yang di dalamnya memiliki puluhan sensor udara.

"Dengan sensor tersebut dengan pendekatan Artificial Intelligence (AI) akan dideteksi partikel atau VOC (Volatile Organic Compound) yang dikeluarkan spesifik oleh pengidap covid-19," jelasnya dalam konferensi pers di kanal YouTube Kemenristek, Senin (28/12/2020).

3. Tes lewat dubur

Tes COVID-19 lewat dubur atau anal swab test dilakukan dengan cara memasukkan alat swab 3 sampai 5 sentimeter ke dalam anus. Menurut Tongzeng, metode ini bisa lebih akurat dalam mendeteksi virus Corona dan menurunkan kemungkinan kesalahan diagnosis.

"Pada beberapa pasien yang terinfeksi, kami menemukan bahwa virus Corona bisa bertahan lebih lama di saluran pencernaan atau kotoran mereka daripada di saluran pernapasan," jelas Tongzeng.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Imbauan Pemerintah Terkait Penggunaan Tes Covid-19 Mandiri"
[Gambas:Video 20detik]

(ryh/up)