Selasa, 02 Feb 2021 10:05 WIB

Berencana Naik Pesawat Selama Pandemi? Simak Tips Berikut

Content Promotion - detikHealth
Mulai 1-14 Januari 2021, warga negara asing (WNA) dilarang masuk Indonesia. Begini kondisi di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Jumat (1/1/2021). Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Pemerintah memperpanjang masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Pulau Jawa dan Bali hingga 8 Februari 2021. Dalam PPKM ini, ada beberapa syarat penerbangan yang ditetapkan, khususnya berkaitan dengan dokumen kesehatan.

Dijelaskan dalam Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 10 Tahun 2021, setiap penumpang pesawat wajib menunjukkan surat keterangan bebas COVID-19 berdasarkan hasil tes swab PCR atau tes rapid antigen.

Masa berlaku hasil tes selama PPKM tidak sama dengan peraturan sebelumnya. Bagi penumpang pesawat destinasi Jawa dan daerah lain selain Bali, masa berlaku tes swab PCR maksimal 3x34 jam dan tes rapid antigen 2x24 jam sebelum keberangkatan.

Sementara itu, bagi penumpang pesawat destinasi Bali, masa berlaku hasil tes swab PCR maksimal 2x24 jam atau tes rapid antigen 1x24 jam sebelum keberangkatan.

Kemudian, setiap penumpang diwajibkan mengisi data diri di situs web e-HAC yang dapat diakses melalui aplikasi e-HAC yang dapat diunduh di Play Store dan App Store. Penumpang juga diwajibkan mengunduh dan mengaktifkan aplikasi Peduli Lindungi untuk ponsel Android atau iOS.

Setiap penumpang disarankan tiba di bandara 4 jam sebelum keberangkatan karena mereka harus melalui proses verifikasi dokumen. Selain itu, setiap penumpang harus mematuhi protokol kesehatan, baik di bandara ataupun di dalam pesawat.

Mengenakan masker, menjaga jarak fisik, dan rutin mencuci tangan dengan sabun atau cairan pembersih tangan adalah sebuah keharusan. Apabila ingin mendapatkan proteksi optimal, penumpang dapat menggunakan masker dengan tingkat efisiensi yang tinggi.

Masker N95 eGee-ProMasker N95 eGee-Pro Foto: Dok. eGee-Pro

Masker N95 eGee-Pro dapat menjadi alternatif. Masker ini memiliki efisiensi penyaringan virus sebesar 99,7%, efisiensi penyaringan bakteri sebesar 99.5%, dan memiliki kemampuan resistensi terhadap 120 mmHg air. Selain itu, masker ini terbuat dari bahan plastik BPA Free yang dapat dicuci dan dipakai berulang kali.

Selain aman dan melindungi optimal, masker eGee-Pro dapat membantu mengurangi sampah masker sekali pakai. Masker N95 eGee-Pro dapat diperoleh di tokopedia.com/egeepro dan shopee.co.id/egeepro_indonesia.



Simak Video "RS Gaza Kewalahan Tangani Korban Konflik Israel-Palestina "
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)