Jumat, 05 Feb 2021 19:32 WIB

5 Ciri Pasangan Punya 'Bakat' Selingkuh Menurut Psikolog

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Complicated relationship between three people. Love triangle concept. Ciri-ciri pasangan suka selingkuh (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Banyak pasangan memilih cerai karena ada orang ketiga. Padahal, tanpa disadari, kebiasaan sepele selama menjalin hubungan sebelum menikah bisa menunjukkan kecenderungan mereka yang suka selingkuh.

Salah satunya tentu 'track record' selingkuh selama pacaran, waspada jika mereka memang memiliki kebiasaan ini. Ada kemungkinan kebiasaan selingkuh tak akan berubah bahkan setelah menikah.

Menurut psikolog klinis Liza M Djaprie, sebenarnya cukup sulit untuk memastikan apakah pasangan akan kerap selingkuh setelah menikah. Namun, kebiasaan sehari-hari, komitmen mereka dengan segala hal, bisa menunjukkan kecenderungan selingkuh.

"Jadi untuk benar-benar memastikan gue tahu pasti nih lu nanti akan selingkuh atau nggak itu sebenarnya nggak bisa tapi beberapa kriteria kita sudah bisa lihat lah," katanya saat live detikcom di acara e-Life 'Pasangan Berselingkuh, Bertahan atau Cerai?' Jumat (5/2/2021).

1. Punya track record selingkuh

Salah satu yang bisa jadi perhitungan sebelum menikah adalah kebiasaan selingkuh. Liza menyebut, meski sudah terlanjur cinta dengan pasangan, cobalah membuka mata untuk melihat kasus selingkuh akan terulang kembali pasca menikah.

"Misalnya memang jelas-jelas track recordnya (selingkuh), buka mata, buka telinga, buka hati. Ada kemungkinan mereka akan selingkuh lagi di kemudian hari," tegas Liza.

2. Kebiasaan ngumbar janji!

Siapa sangka, kebiasaan ini juga bisa menunjukkan kecenderungan pasangan selingkuh. Pasalnya, menurut Liza, orang-orang yang sulit berkomitmen dengan segala hal, sulit juga menjalankan komitmen dalam hubungan.

"Apakah dia juga susah berkomitmen dengan berbagai hal lainnya misalnya nanti aku jemput kamu jam 7 ya, tiba-tiba keseringannya ngaret datang jam 9, banyak alasan," jelas Liza.

"Terus yang kaya gitu nanti janji melakukan sesuatu tetapi tidak dikerjakan juga," lanjutnya.

3. Suka genit

Nah lho, hati-hati dengan pasangan yang suka genit. Liza menyebut suka genit juga masuk kategori mereka yang kerap sulit berkomitmen.

"Terus misalnya dengan lawan jenis ada kecenderungan lebih genit terlihatnya, lebih nanggepin," bebernya.

4. Adrenaline seeker

Pasangan yang suka mencari tantangan tertentu kemungkinan suka selingkuh. Waspadai jika satu kriteria ini diikuti dengan beberapa tanda kemungkinan selingkuh lainnya.

"Jadi seneng tuh mencari adrenalin," sebutnya.

5. Senang dipuja-puji

Meski beberapa pasangan suka dapat pujian, hati-hati jika sudah berlebihan. Kebiasaan ini dianggap sudah keluar batas jika pasangan selalu haus akan pujian hingga ingin terus disorot lawan jenis.

"Jadi memang selalu membutuhkan pujian, sampai dilihat lawan jenisnya itu gimana banget. Sebenarnya ini tuh sudah jadi alarm tertentu buat kita," pungkasnya.



Simak Video "Pasangan Selingkuh, Bertahan atau Cerai?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)