Minggu, 07 Feb 2021 08:00 WIB

Sekilas Mirip, Ini Cara Mengenali Flu Biasa Vs Gejala COVID-19

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Puskesmas Kecamatan Gambir aktif melakukan tes swab mencari orang tanpa gejala yang terinfeksi COVID-19. Mereka menyasar petugas PPSU dan para pedagang pasar. Virus Corona COVID-19 (Foto: Agung Pambudhy)


Subinoy Das, kepala petugas medis di Tivic Health, Amerika Serikat, mengatakan bahwa flu biasa jarang menyebabkan sesak napas setelah demam berkembang.

"Influenza sangat mirip dengan COVID-19. Tetapi, sesak napas yang muncul biasanya tidak separah COVID-19," ucap Das.

Infeksi Corona tampaknya lebih menular dan menyebar lebih cepat daripada flu. Penyakit parah seperti cedera paru-paru lebih sering terjadi dengan COVID-19 dibandingkan dengan influenza. Angka kematian juga lebih tinggi dengan COVID-19 daripada flu.

COVID-19 dapat menyebabkan komplikasi yang berbeda dari flu, seperti pembekuan darah, edema paru, dan kegagalan fungsi organ-organ tubuh, misalnya ginjal. Gejala infeksi virus Corona yang berat ini lebih sering terjadi pada lansia dan orang yang memiliki kondisi medis tertentu.

Cara menghindari penularan

Kabar baiknya adalah Anda dapat mengambil langkah yang sama untuk mengurangi risiko infeksi virus penyebab COVID-19, flu, dan infeksi saluran pernapasan lainnya dengan mengikuti beberapa tindakan pencegahan standar.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa mengikuti langkah-langkah pencegahan COVID-19, seperti menjaga jarak sosial dan mengenakan masker wajah, mungkin telah membantu mempersingkat durasi musim flu dan mengurangi jumlah orang yang terkena dampak musim flu 2019-2020.

Berikut cara menghindari penularan flu dan COVID-19

  • Menghindari kerumunan
  • Sering mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer
  • Mengenakan masker saat Anda berada di ruang publik
  • Menutup mulut dan hidung dengan siku atau tisu saat batuk atau bersin
  • Membersihkan dan mendisinfeksi permukaan yang sering disentuh seperti gagang pintu, sakelar lampu, dan barang-barang elektronik

Melakukan tindakan pencegahan ini dapat membantu Anda tetap sehat dan mengurangi risiko terkena COVID-19 atau flu.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Dokter Beberkan Gejala Covid-19 yang Kini Sering Muncul Pada Anak"
[Gambas:Video 20detik]

(kna/up)