Rabu, 10 Feb 2021 11:05 WIB

Tak Hanya Cegah Alergi, Ini Manfaat Air Purifier Bagi Kesehatan

Content Promotion - detikHealth
Winix Foto: dok. Winix
Jakarta -

Polusi udara tidak hanya berasal dari asap dan debu di jalan raya atau ruang terbuka saja. Namun, partikel polusi udara rupanya juga terdapat di dalam ruangan, yang justru tanpa disadari 2 hingga 5 kali lebih berbahaya dari polusi di luar.

Studi yang dilakukan oleh Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat atau The U.S Environemental Protection Agency (EPA) menunjukkan bahwa polusi udara dalam ruangan menjadi salah satu faktor penyebab gangguan kesehatan.

Berdasarkan hasil studi tersebut, 1 dari 13 anak sekolah menderita asma yang dipicu oleh alergen dalam ruangan seperti tungau, debu, dan jamur. Selain itu, tingginya polutan udara dalam ruangan bisa menyebabkan sakit kepala, gangguan pernapasan, bahkan meningkatkan risiko kematian dari penyakit jantung dan stroke.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meminimalisir polutan udara dalam ruangan, yaitu dengan menggunakan air purifier atau pembersih udara. Air purifier merupakan alat yang terdiri dari beberapa filter dan kipas, dan efektif untuk mengubah udara kotor jadi udara bersih dengan menghisap dan menyaring udara di ruangan.

Melansir dari beragam sumber, berikut manfaat air purifier bagi kesehatan :

1. Mencegah Alergi dan Asma

Mengutip dari Washington Post, fungsi dari air purifier antara lain menyaring polutan udara seperti bulu dan serbuk sari pemicu alergi. Selain itu, air purifier juga terbukti mampu mengurangi gejala asma berdasarkan studi dari American Academy of Allergy, Asthma and Immunology tahun 2018.

2. Menetralkan Asap dan Bau Tidak Sedap

Hampir seluruh kegiatan di dalam rumah menghasilkan senyawa berbahaya, mulai dari memasak hingga bersih-bersih. Senyawa tersebut dinamakan Volatile Organic Compound atau VOC, yang umumnya terdapat pada cat, furnitur, dan cairan pembersih, dan lain-lain.

Apabila bau dan asap dari VOC dihirup terus-menerus dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang buruk, bisa menyebabkan gangguan pernapasan hingga kanker nasofaring. Dengan menggunakan air purifier yang dilengkapi filter karbon aktif, asap, bau tidak sedap, hingga VOC bisa berkurang.

3. Mengurangi Penyebaran Virus

Guna meminimalisir penyebaran virus, penting untuk sebuah ruangan memiliki sirkulasi udara yang baik. Sebagaimana anjuran dari WHO, disarankan untuk membuka ventilasi secara rutin.

Selain itu, gunakan air purifier agar sirkulasi udara jadi lebih baik.Sebuah studi dari NCBI menunjukkan, air purifier dapat mengurangi paparan terhadap aerosol dan droplets. Air purifier yang memiliki filter HEPA dapat diandalkan karena dinilai efektif menangkap virus di udara.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Debu, jamur, dan bulu-bulu halus menjadi pemicu alergi yang dapat menyebabkan bersin-bersin, hidung gatal, hingga batuk yang dapat mengganggu tidur Anda. Dengan udara yang bersih, Anda dapat tidur lebih nyenyak.

Untuk menjaga kualitas udara agar tetap baik, gunakan air purifier yang dilengkapi filter HEPA untuk menangkap partikel polutan udara.

5. Meningkatkan Produktivitas Kerja

Salah satu pemicu sakit kepala dan stres adalah kandungan udara yang penuh dengan karbon monoksida (CO2). Harvard's University Health Building Program melakukan studi uji coba pada sampel. Dari hasil uji coba tersebut, terlihat adanya peningkatan produktivitas hingga 8 persen dari pekerja yang berada di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik.

Artinya, dengan menghirup udara bersih, produktivitas kerja pun meningkat. Pastikan udara di ruangan tetap bersih dengan menggunakan air purifier yang memiliki filter HEPA dan karbon.

Dari banyaknya produk air purifier yang beredar di pasaran, sebaiknya pilih air purifier yang terjamin kualitas serta keamanannya. Winix, perusahaan asal Korea spesialis di bidang air purifier kini hadir di Indonesia. Winix telah mendapatkan sertifikasi internasional dari AHAM, Energy Star, EL, ECARF & UK Allergy.

Winix baru saja merilis produk terbarunya, yakni Air Purifier Winix Zero Compact dengan 4 tahap filtrasi guna memastikan udara di dalam ruangan tetap bersih dan segar. Adapun 4 tahap filtrasi Winix Zero Compact terdiri dari pre-filter, filter True HEPA, filter karbon aktif dan teknologi Plasmawave. Teknologi Plasmwave yang hanya ada di Winix dapat menghancurkan polutan udara tanpa meninggalkan zat berbahaya.

WinixFoto: dok. Winix

Tidak hanya itu saja, air purifier Winix Zero Compact dilengkapi dengan mode auto yang dapat mengatur kecepatan kipas secara otomatis, sesuai kualitas udara ruangan. Smart Sensor (Particle Sensor) pada produk ini mampu mendeteksi partikel di udara yang ditunjukkan lewat lampu indikator kualitas udara ruangan. Tidur Anda pun semakin nyenyak dengan adanya sleep mode, yang dengan suara kipas lebih halus dan lampu unit mati.

WinixFoto: dok. Winix

Kini, Air Purifier Winix Zero Compact bisa didapatkan dengan mudah secara online di Winix Indonesia Official Shop di Shopee. Anda juga berkesempatan untuk memperoleh harga spesial grand launch mulai dari tanggal 10 hingga 28 Februari mendatang. Informasi lebih lanjut, kunjungi website Winix dan Instagram Winix

(ads/ads)