Kamis, 11 Feb 2021 15:31 WIB

Langkah Presiden Jokowi untuk Percepat Program Vaksinasi Corona

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Presiden Jokowi Foto: Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Program vaksinasi COVID-19 yang telah dilakukan sejak awal Januari 2021 lalu sampai saat ini masih terus berjalan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun mencari langkah lain, agar program vaksinasi COVID-19 ini bisa dipercepat.

Salah satu langkah yang ingin diambil Presiden Jokowi adalah dengan melakukan vaksinasi secara berkelompok atau klaster. Menurutnya, langkah vaksinasi ini bisa mempercepat proses penyuntikan, sehingga masyarakat Indonesia bisa segera kebal dari paparan COVID-19.

"Bukan orang per orang karena kita ingin melakukan vaksinasi itu klaster, memagari. Sehingga, tercapai kekebalan komunal, tercapai kekebalan herd immunity," jelasnya saat membuka Musyawarah Nasional VI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia di Istana Negara yang disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (11/2/2021).

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi berpesan agar pemerintah daerah mulai memetakan kelompok yang diprioritaskan mendapatkan vaksin. Ia mengatakan hal ini bisa mempercepat vaksinasi, jika vaksinnya sudah tersedia.

Presiden Jokowi juga memerintahkan pemerintah daerah untuk memprioritaskan vaksinasi untuk orang-orang yang melakukan interaksi tinggi, sebagai contoh pedagang pasar dan karyawan mal. Selain itu, para lansia juga harus diprioritaskan karena rentan mengalami gejala berat jika terpapar COVID-19.

"Jangan lupa yang untuk yang rentan, terutama lanjut usia. Itu jadi prioritas," kata Presiden Jokowi.



Simak Video "Vaksinasi COVID-19 Saat Berpuasa, Perlukah Persiapan Khusus?"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)