Jumat, 12 Feb 2021 07:05 WIB

Belanja Online Saat Pandemi, Simak Tips Amannya!

Content Promotion - detikHealth
Samco Farma Foto: shutterstock
Jakarta -

Pandemi Corona membawa dampak pada perubahan pola hidup masyarakat. Salah satunya yaitu kebiasaan belanja yang mulai beralih ke digital dengan memanfaatkan platform e-commerce untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Masyarakat tinggal memesan dan menunggu barang diantarkan ke rumah oleh kurir, sehingga cukup simpel dan mudah. Selain itu, belanja online dinilai lebih aman untuk mengurangi risiko penularan virus Corona. Sebab, minim kontak fisik dibandingkan saat pergi ke pasar atau mal yang berisi banyak orang.

Kendati demikian, kamu harus tetap berhati-hati dan mengikuti protokol saat menerima paket pesanan. Kalau saat membeli langsung kamu dianjurkan untuk menerapkan physical distancing, pun sama saat berbelanja secara online. Hal ini agar kamu tetap sehat dan terhindar dari paparan COVID-19.

Melansir dari berbagai sumber, berikut cara aman untuk menerima paket belanjaan di rumah:

Saat Belanja Online

Mengutip dari panduan Badan Obat dan Pengawasan Makanan (BPOM) dalam pencegahan COVID-19, dalam belanja online mayarakat bisa menggunakan layanan e-banking atau mobile banking pada smartphone untuk melakukan pembayaran, sehingga tidak perlu ke ATM atau tunai.

Namun, pastikan saldo kamu cukup sebelum membeli barang. Selain itu, cek detail produk yang hendak dibeli, terutama jika membeli sayur atau bahan makanan yang cepat rusak. Lihat informasi kemasan, label, dan tenggat kedaluwarsa. Pastikan juga ke penjual bahwa barang yang dibeli akan dikemas dengan baik.

Saat Pesanan Diterima

Selalu jaga jarak dengan menyediakan tempat khusus di depan rumah untuk menerima paket. Dilansir dari laman COVID-19.go.id. tempat ini bisa berupa box atau kardus agar memudahkan kurir meletakkan paket belanjaan. Atau, jika harus berinteraksi langsung, seperti membayar tunai atau memberikan tanda tangan, usahakan untuk pakai masker.

Semprot bagian luar paket dengan desinfektan, dan bungkus yang sekiranya tidak diperlukan pada tempat sampah tertutup. Kemudian, cuci tangan menggunakan air dan sabun usai membuka paket belanjaan.

Itulah tadi protokol yang sebaiknya diikuti agar tetap aman dan sehat saat berbelanja online. Di samping itu, ingat untuk menjaga daya tahan tubuh di masa pandemi dengan menjalani pola hidup sehat. Makan makanan bergizi seimbang, diiringi dengan olahraga teratur agar tubuh tetap bugar. Kamu juga bisa mengonsumsi tambahan suplemen vitamin C untuk meningkatkan sistem kekebalan untuk melindungi diri dari paparan virus Corona.

Samco FarmaSamco Farma

Samcorbex jadi pilihan tepat untuk memenuhi asupan vitamin C Dengan kandungan 500 mg. Konsumsi Samcorbex 1-2 kali sehari 1 kaplet agar dapat membantu memenuhi kebutuhan asupan vitamin C harian, sekaligus meningkatkan imunitas.

Ada juga Samcemin dengan suplementasi vitamin C 100 mg yang bisa menjaga sistem imun, sehingga mencegah infeksi COVID-19.

Sebagai informasi, Samcorbex dan Samcemin kini bisa kamu didapatkan di apotek-apotek terdekat dan e-commerce seperti Shopee, Lazada dan Tokopedia.

Keduanya juga bisa diperoleh melalui distributor-distributor PT Samco Farma yakni, PT Merapi Utama Pharma, PT Daya Muda Agung, dan PT Prima Galvin Sukses untuk area Jabodetabek atau dapat menghubungi Sales Representative, Almer di nomor 081288715581.

Bagi yang berada di luar Jabodetabek, saat ini keduanya bisa ditemukan pada distributor PT Cahaya Mutiara Farma untuk area Jawa Timur, PT Marrykha Mitra Mustika di Jawa Tengah, PT Kwatro mandiri Ekavisi di Jawa Barat, PT Mitra Bina Multi Sejahtera di Sumatera Utara, PT Talang Gugun Sari Nusantara di Sumatera Barat, PT Sinar Prima Lestari di Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Jambi, PT Aditama Makmur Sentosa di Lampung, PT Nitijaya Cipta Makmur di Banjarmasin, PT Sehat Inti Permata di Bali dan Lombok.

(ads/ads)