Kamis, 11 Feb 2021 17:40 WIB

Berkaca Kasus Richard Lee dan Kartika Putri, Ini Tips Aman Memilih Skincare

Firdaus Anwar - detikHealth
Styled beauty corner, web banner. Skin cream, tonicum bottle, dry flowers, leaves, rose and Himalayan salt. White table background. Organic cosmetics, spa concept, empty space. Flat lay, top view Ilustrasi skincare. (Foto: iStock)
Jakarta -

Perseteruan Kartika Putri dengan dokter Richard Lee berawal dari ulasan produk skincare yang disebut mengandung bahan berbahaya. Perseteruan keduanya membawa perhatian tentang bagaimana cara memilih produk skincare yang aman bagi kesehatan.

Menanggapi hal tersebut, dr Cynthia Jayanto, MBioMed, dari Cyn Clinic menjelaskan beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengecek keamanan dan kecocokan produk skincare. Berikut tipsnya:

1. Pahami jenis kulit

Sebelum memilih menggunakan produk skincare tertentu, seseorang wajib tahu kondisi kesehatan kulitnya sendiri. Sebagai contoh apakah kulit relatif kering, berminyak, atau sensitif terhadap bahan tertentu.

Setiap jenis kulit disebut dr Cynthia membutuhkan perawatan yang berbeda dan tidak ada satu produk yang bisa mengakomodasi semua kebutuhan jenis kulit tersebut.

2. Cari sesuai kebutuhan

Setelah tahu kondisi kulit, langkah berikutnya adalah menentukan skincare yang bisa memenuhi kebutuhan. Misalnya saat musim hujan atau dingin, kulit cenderung lebih mudah kering sehingga kemungkinan butuh skincare yang bisa melembabkan. Sementara saat musim panas, kulit yang berkeringat mudah berminyak sehingga skincarenya juga disesuaikan untuk mengontrol hal tersebut dan mencegah timbulnya jerawat.

3. Cek izin edar BPOM

Setiap produk skincare yang mendapat izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) seharusnya sudah memenuhi standar keamanan. Karena itu jangan ragu untuk aktif mengecek keterangan izin edar yang tercantum pada suatu produk di situs BPOM atau melalui QR Code.

"Kamu juga perlu mengecek izin produk, karena ada juga produk yang izin edarnya tidak sesuai dengan produk yang ditawarkan," kata dr Cynthia.

4. Cek bahan baku

Bila ingin lebih aman lagi seseorang bisa mengecek bahan baku yang digunakan di dalam suatu produk skincare. Menurut dr Cynthia bahan yang harus diwaspadai karena berpotensi merusak kulit, mulai dari merkuri, hidrokinon, resorsinol, bahan pewarna, dan steroid.

"Apabila ada bahasa latin bisa di browsing, lalu dicari istilah lain atau awamnya dan cek kegunaannya apakah sesuai jenis kulit kita atau tidak," papar dr Cynthia.

5. Cek tanggal kedaluwarsa

Jangan lupa juga cek tanggal kedaluwarsa produk skincare. Penggunaan skincare yang kedaluwarsa malah berpotensi menimbulkan masalah kesehatan.



Simak Video "BPOM Masih Tunggu Hasil Evaluasi Vaksin AstraZeneca"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)