Jumat, 12 Feb 2021 15:37 WIB

Satgas Klaten Mulai Data Wartawan yang Akan Divaksinasi COVID-19 Tahap Dua

Achmad Syauqi - detikHealth
Koordinator Bidang Penanganan Kesehatan Satgas COVID-19 Kabupaten Klaten dokter Cahyono Widodo. Koordinator Bidang Penanganan Kesehatan Satgas COVID-19 Kabupaten Klaten dokter Cahyono Widodo. (Foto: Achmad Syauqi detikcom)
Klaten -

Satgas Percepatan Pengendalian COVID-19 Kabupaten Klaten mulai mendata kalangan jurnalis yang bertugas di Klaten. Para wartawan didata untuk diikutkan vaksinasi COVID-19 tahap kedua.

"Wartawan akan diikutsertakan vaksinasi tahap kedua ini bersama komponen pelayanan publik. Ini baru tahap pendataan," jelas Koordinator Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Percepatan Pengendalian COVID-19 Kabupaten Klaten dokter Cahyono Widodo pada detikcom, Jumat (12/2/2021) siang.

Menurut Cahyono, pendataan kalangan jurnalis itu dilakukan untuk menindaklanjuti arahan presiden Joko Widodo. Presiden memberi arahan agar wartawan juga diberikan vaksinasi.

"Sebagaimana arahan bapak presiden wartawan untuk bisa diberikan vaksinasi. Ini kita data sebab kita juga memperhatikan karena berkaitan dengan logistik yang dialokasikan pemerintah pusat," kata Cahyono.

Vaksinasi jurnalis itu, imbuh Cahyono dilakukan untuk memberikan perlindungan sekaligus mencegah penularan. Mengingat tugas wartawan tidak di satu tempat.

"Ini untuk melindungi kalangan wartawan. Sebab wartawan saat meliput berita berpindah tempat dan bertemu banyak orang," terang Cahyono.

Untuk teknis pelaksanaan, sambung Cahyono sama dengan vaksinasi tahap awal kalangan tenaga kesehatan. Namun, kapan dilaksanakan belum ada kepastian.

"Untuk teknis pelaksanaan kapan kita masih menunggu instruksi lanjutan dari provinsi. Mungkin dalam waktu dekat ini, tergantung provinsi," papar Cahyono.

Untuk saat ini, lanjut Cahyono, vaksinasi kedua sudah dilakukan pada 5.000 lebih tenaga kesehatan. Setelah tenaga kesehatan selesai akan dilanjutkan sektor pelayanan publik.

"Tenaga kesehatan kali kedua divaksinasi mulai tanggal 8 Februari lalu. Ini untuk sektor pelayanan publik sedang kita rapatkan untuk dipersiapkan," kata Cahyono.

Plt Kabag Humas Pemkab Klaten, Pandu Wirabangsa membenarkan ada pendataan di kalangan wartawan untuk divaksin. Pendataan dilakukan dengan format tertentu.

"Betul ada pendataan. Formatnya dengan menulis nomor induk kependudukan, umur, alamat, instansi dan lainnya," jelas Pandu pada detikcom.



Simak Video "Vaksinasi Covid-19 di Subang Digeber, Capaian Masih 27,6%"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/ryh)