Rabu, 17 Feb 2021 05:32 WIB

Hari Ini Mulai Vaksinasi Tahap Kedua, Ini 5 Tips Agar Tak Batal Divaksin

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Program vaksinasi COVID-19 bagi tenaga kesehatan masih terus berjalan. Pemprov DKI Jakarta gelar vaksinasi massal di Istora Senayan, Jakarta. Vaksinasi COVID-19 (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta -

Vaksinasi kedua dimulai Rabu (17/2/2021), kali ini pemberian vaksin Corona diprioritaskan untuk lansia hingga petugas pelayan publik. Tokoh agama, wakil rakyat, guru, pedagang pasar juga termasuk kelompok prioritas divaksin tahap ini.

Namun, di tahap pertama vaksinasi pada nakes, banyak dari mereka yang batal disuntik lantaran kondisi kesehatan. Salah satu yang banyak ditemui saat itu salah satunya karena tekanan darah tinggi.

Ahli jantung dr Vito A Damay memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan atau dihindari saat akan divaksin. Simak beberapa tipsnya seperti berikut.

1. Jangan begadang

Penting untuk tak begadang saat akan divaksin. Pasalnya, jika terlalu lelah karena kurang istirahat, kondisi tubuh mungkin bisa menurun.

"Anda jangan begadang, tenangkan pikiran malamnya, dan Anda kalau misalkan begadang terlalu capek besoknya tiba-tiba demam iya nggak bisa vaksin juga kan sayang," bebernya dalam keterangan video yang diterima detikcom Selasa (15/2/2021).

2. Memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi

Begitu juga dengan makanan dan minuman, dr Vito menyarankan sebaiknya menghindari lebih dulu makanan hingga minuman yang kerap membuat badan menjadi tidak fit. Salah satunya, disarankan tak minum kopi lebih dulu sebelum divaksin Corona.

"Juga jangan makan atau minum makanan yang bisa membuat Anda jadi tidak fit atau unwell, iya saya nggak spesifik menyebutkan oh yang pedas-pedas atau yang kecut-kecut makan rujak, iya tapi misalnya nih Anda misalnya saja makan rujak tiba-tiba besoknya Anda diare kan jadi nggak bisa vaksin," lanjut dr Vito.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pemerintah Minta Produsen Vaksin Covid-19 Penuhi Target Pengiriman"
[Gambas:Video 20detik]