Rabu, 17 Feb 2021 05:55 WIB

Round Up

BKKBN Komentari Viral Gaji 250 Juta, Sebut 3 Kriteria 'Sehat' Calon Pasangan

Ardela Nabila - detikHealth
Influencer Andrea Gunawan. Influencer Andrea Gunawan viral gara-gara kriteria calon suami dengan gaji Rp 250 juta perbulan (Foto: Instagram/@catwomanizer)
Jakarta -

Baru-baru ini media sosial dibuat heboh oleh influencer Andrea Gunawan yang menyebutkan kriteria calon suami harus memiliki penghasilan minimal Rp 250 juta perbulan.

Selain kestabilan finansial memang penting, rupanya ada poin-poin penting lainnya yang turut harus dipikirkan oleh pasangan sebelum memutuskan untuk menikah.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dr Hasto Wardoyo, SpOG, menjelaskan bahwa aspek materi tidak seharusnya menjadi pertimbangan utama pasangan sebelum memutuskan menikah. Sebab, kondisi finansial bisa saja berubah seiring berjalannya rumah tangga.

"Saya khawatir kalau sudah punya suami yang berpenghasilan 250 juta terus ketemu pria lain yang berpenghasilan 300 juta. Lalu cintanya bisa ke lain hati," ujar dr Hasto saat dihubungi detikcom, Selasa (16/2/2021).

Berdasarkan penjelasan dr Hasto, keterkaitan emosional juga tidak kalah penting. Ikatan emosi yang kuat merupakan pondasi dalam berumah tangga, sehingga saat harus menghadapi masalah finansial mereka masih tetap bisa bertahan.

Ia kemudian juga menjelaskan bahwa kesiapan materiil normal memang perlu dijadikan pertimbangan sebelum menikah lantaran kematangan finansial dapat mempengaruhi terpenuhnya kebutuhan hidup.

Namun, perlu diingat bahwa kekayaan materi bukan merupakan prioritas utama hal yang harus dipertimbangkan sebelum menikah. Menurut Kepala BKKBN, berikut sejumlah hal yang harus dipertimbangkan saat memilih pasangan hidup sebelum menikah:

1. Calon suami dan istri sama-sama memiliki komitmen

Menurut dr Hasto, hal paling penting dalam pernikahan adalah bagaimana keduanya bisa saling mencintai agar dapat menciptakan suasana tenteram. Pasalnya, ikatan cinta dan kasih sayang merupakan payung dalam sebuah hubungan.

"Salah satu unsur utama ketenteraman adalah saling mencintai dan penuh pengertian suami-istri. Cinta dan pengertian yang tulus justru jauh dari pamrih materi. Ingat, cinta itu butuh perjuangan yang sifatnya nonmaterial, tapi ketulusan saling memaklumi," jelasnya.

Banyaknya jenis penyakit yang diturunkan secara genetik juga perlu menjadi pertimbangan dalam memilih pasangan yang tak kalah penting daripada gaji Rp 250 juta. Bagaimana maksudnya? Simak di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2