Rabu, 17 Feb 2021 16:17 WIB

Botol Berteknologi Tinggi Ini Ingatkan Anak untuk Rajin Minum Air Putih

Yudistira Imandiar - detikHealth
Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta -

Hidrasi merupakan kebutuhan penting bagi setiap anak. Kekurangan cairan akan menimbulkan masalah untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak. Terkadang, aktivitas belajar dan bermain yang mengasyikkan membuat anak lupa untuk minum. Orang tua pun bisa sewaktu-waktu luput untuk memberikan air putih kepada anak.

Dokter spesialis anak dr Lucy Amelia menambahkan anak tidak boleh kekurangan atau kelebihan cairan setiap harinya. Ia mengulas, kebutuhan cairan anak dapat dikelompokkan berdasarkan kategori usia. Anak 1-3 tahun memerlukan cairan 1.300 ml per hari, dengan rincian sekitar 900 ml dari minuman dan sisanya didapatkan dari makanan. Untuk anak usia 4-8 tahun kebutuhan cairannya berkisar 1.700 ml. Anak berusia 8 tahun ke atas kebutuhan cairannya meningkat menjadi 2.400 ml.

"Ada beberapa hal seperti aktivitas fisik, atau anak habis lari-lari kan biasanya anak sangat aktif, kebutuhan cairan meningkat. Sedang demam juga kebutuhan cairan meningkat atau suhu ruangan lebih tinggi itu kebutuhan cairan juga meningkat," jelas dr Lucy.

Untuk mengawal kebutuhan hidrasi anak, produsen mainan dan perangkat edukasi anak, Olike merilis produk botol pintar. Olike Smart Bottle ini membantu anak untuk mencukupi kebutuhan hidrasi harian.

Olike Smart Bottle dilengkapi beberapa fitur pintar, di antaranya sistem pengingat minum. Secara berkala botol akan mengeluarkan notifikasi berupa suara untuk mengingatkan anak agar segera minum.

"Pengingat ini akan muncul setiap dua jam jika anak tidak minum sama sekali," jelas Product Manager Olike Felix Hauw dalam konferensi pers virtual, Rabu (17/2/2021).


Selain itu, ada pula reward berupa voice over yang berbunyi ketika anak selesai minum. Tempat minum pintar ini turut dilengkapi dengan materi-materi edukasi, seperti kuis ilmu pengetahuan dan sebagainya. Olike Smart Bottle yang memiliki kapasitas 400 ml akan memberikan reward berupa satu buah ikon bintang setiap kali anak menghabiskan air dalam botol. Dalam sehari, ada empat bintang yang dapat diperoleh anak, dan diasumsikan mereka sudah minum air sebanyak 1.600 ml.

Olike Smart BottleOlike Smart Bottle Foto: Yudistira Imandiar

Felix memastikan material botol pintar Olike berstandar food grade sehingga air dalam botol aman untuk dikonsumsi anak. Selain itu, botol sudah mengantongi standar ketahanan air, memastikan perangkat baterai dan speaker aman dari korsleting saat terkena air.

"Olike Smart Bottle juga akan memberikan informasi jika suhu air dalam botol panas. Notifikasi diberikan berupa ekspresi (cahaya LED merah saat suhu panas)," imbuh Felix.



Simak Video "Manfaat Air Putih, Cegah Sembelit hingga Kulit Berkilau"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)