Senin, 22 Feb 2021 05:30 WIB

Penting! Ini Cara Buang Limbah Masker Agar Tak Tularkan Virus Corona

Ardela Nabila - detikHealth
Limbah medis jadi persoalan tersendiri di tengah upaya pencegahan virus Corona di Ibu Kota. Sejumlah petugas pun dikerahkan untuk mengelola limbah medis itu Limbah masker (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Menggunakan masker di masa pandemi merupakan hal yang penting agar tidak terinfeksi COVID-19. Namun, sampah dari limbah masker yang terus menumpuk kini menjadi salah satu medium penularan virus Corona.

Oleh sebab itu, tata cara mengenai cara membuang masker yang benar perlu diketahui agar masyarakat tidak sembarangan saat membuang limbah masker yang telah digunakan.

Menurut Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas COVID-19, Brigjen TNI (Purn) dr Alexander K Ginting, Sp P(K), FCCP, setiap rumah harus menyediakan wadah khusus untuk membuang limbah infeksius, seperti masker.

"Rumah tersebut harus sudah menyediakan wadah, tempat limbah-limbah yang dianggap infeksius," ujar dr Alex pada Konferensi Pers Pekan Peduli Limbah Masker Masyarakat dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional yang digelar pada Minggu (21/2/2021).

Catat cara membuang limbah masker sekali pakai yang benar:

  • Dikemas (memastikan tali masker sudah digunting dan dirusak)
  • Direndam ke dalam cairan disinfektan
  • Ditempatkan pada tempat sampah khusus limbah medis
  • Dikumpulkan per RT, RW atau desa

"Kita mewaspadai penyalahgunaan daur ulang. Jangan nanti masker-masker yang ada di desa, APD yang di desa tidak dikelola dengan baik, jatuh ke pihak ketiga dan kelihatannya masih bagus, didaur ulang. Ini harus kita cegah," tutur dr Alex.

Selain berisiko terhadap penyalahgunaan daur ulang, limbah masker medis juga dapat merusak lingkungan serta meningkatkan risiko penularan virus Corona jika tidak dikelola dengan benar.

Sementara itu, terkait penggunaan masker yang benar, dr Alex menghimbau agar masyarakat tetap menjaga masker yang digunakan agar tetap steril, khususnya pada bagian dalam masker. Sehingga, harus dipastikan bahwa tangan sudah bersih saat memakai masker.

Terakhir, ia menegaskan agar bagian dalam masker tidak menyentuh apapun kecuali hidung dan mulut, terutama tersentuh oleh tangan yang sebelumnya telah menyentuh bagian luar masker. Sebab, virus yang berada di luar masker memiliki kemungkinan menempel pada bagian luar masker dan bisa berisiko terhadap penularan virus.

Cara memakai masker yang benar:

  • Memastikan tetap steril, khususnya bagian dalam masker
  • Bagian dalam masker tak tersentuh apapun kecuali hidung dan mulut.


Simak Video "Jepang Minta Penyelidikan Tambahan soal Asal Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)