Rabu, 24 Feb 2021 05:30 WIB

Round Up

Pro-Kontra Tali 'Strap' Masker yang Disorot Satgas COVID-19

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jakarta -

Strap atau tali untuk menggantung masker di leher belakangan banyak diperjualbelikan. Modelnya pun beragam, ada yang berbentuk rantai hingga berhias manik-manik, sehingga masker jadi makin fashionable.

Konon, tren ini dipengaruhi oleh beberapa idol Korea Selatan yang juga menggunakan strap untuk masker yang mereka kenakan. Saat butuh dilepas, masker tidak perlu diletakkan di sembarang tempat, tetapi bisa digantung di leher dengan strap tersebut.

Meski terlihat keren, rupanya ada risiko yang mengintai. Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Brigjen TNI (Purn) dr Alexander K Ginting, SpP (K) mengingatkan strap masker berpotensi menularkan virus Corona. Waduh!

"Kalau kita turunkan pakai pengait itu sampai ke bawah, itu akan kena ke hijab, ke baju. Jadi sebenarnya bagian dalam masker itu tidak boleh kontak dengan lain-lain kecuali dengan bagian tubuh," katanya.

Tali maskerAgar perlindungannya maksimal, masker tidak seharusnya dilepas-pasang terlalu sering. Foto: iStock

Menurut dr Alex, masker juga tidak seharusnya dilepas-pasang terlalu sering karena sangat mungkin ada virus menempel di permukaannya. Tangan yang menyentuhnya akan mentransmisikan virus tersebut ke hidung saat menyentuh wajah.

"Naik turunnya masker itu yang kita khawatirkan terlebih jika jari-jari kita menyentuh bagian luar masker," jelasnya.

Namun di mata para pemakainya, tali 'strap' masker punya lebih banyak manfaat. Di antaranya menghindari kontak antara masker dengan dagu, yang juga tidak lebih aman dari transmisi virus Corona.

"Jadi kalau setiap makan nggak usah repot nyimpen di kantong bisa langsung dikalungin aja dan tidak diturunin ke dagu. Kan kalau di dagu bukannya lebih tidak efektif?" kata Nisa, seorang karyawan swasta yang juga pengguna setia tali masker.

Tentunya, kebersihan harus selalu dijaga. Selain tidak perlu dipegang-pegang, tali masker juga harus sering-sering dicuci jika memang mau dipakai.

Nah bagaimana menurut kalian, aman nggak sih pakai tali masker? Tulis pendapat di komentar ya.

(up/up)