Rabu, 24 Feb 2021 05:55 WIB

Masih Banyak yang Bingung Cara Daftar Vaksinasi Lansia, Ini Saran Satgas

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Para lansia antri untuk memperoleh vaksin COVID-19 di RSUD Kembangan, Jakarta Barat, Selasa (23/2/2021). Antrian yang sempat viral pada Minggu (21/2) sudah tidak terlihat lagi. Beberapa lansia mengantre dengan ditemani oleh keluarga yang masih muda. Vaksin COVID-19 (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Pendaftaran vaksinasi COVID-19 untuk lansia sudah mulai dibuka, namun masih banyak yang merasa bingung dan kesulitan untuk mendaftarkan anggota keluarganya yang sudah lansia.

Mungkinkah vaksinasi COVID-19 bagi lansia dilakukan secara door to door?

Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, mengatakan untuk saat ini vaksinasi hanya dapat dilakukan di fasilitas kesehatan, baik di puskesmas maupun rumah sakit. Oleh karena itu, pelaksanaan vaksinasi secara door to door belum mungkin dilakukan.

Daftar Vaksin Covid Lansia di Mana? Ini Kumpulan Link ResminyaDaftar Vaksin Covid Lansia di Mana? Ini Kumpulan Link Resminya Foto: infografis detikHealth

Prof Wiku pun mengimbau semua jajarannya untuk membantu mengkoordinir pendaftaran vaksinasi COVID-19 bagi lansia.

"Kami harapkan dinas kesehatan, fasilitas layanan kesehatan di daerah, serta posko satgas di daerah sampai pada level RT/RW juga bisa membantu mengkoordinir pendaftaran vaksinasi lansia, terutama bantuan bagi masyarakat yang kesusahan mengakses laman pendaftaran," kata Wiku dalam konferensi pers, Selasa (23/2/2021).

Selanjutnya, kata Wiku, pelaksanaan program ini juga bisa dilakukan oleh organisasi dan instansi yang mau bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan dinas kesehatan yang mau menyelenggarakan vaksinasi COVID-19 untuk lansia.

Terakhir, Prof Wiku mengatakan apabila masyarakat masih mengalami kendala dalam proses pendaftaran, maka dapat menghubungi Kementerian Kesehatan di nomor 119 ekstensi 9.

"Dapat menghubungi Kementerian Kesehatan di nomor 119 ekstensi 9," tuturnya.



Simak Video "Vaksin COVID-19 Karya RI Pakai Sel Dendritik, Ini Cara Kerjanya"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/up)