Rabu, 24 Feb 2021 18:36 WIB

Ramai Hiu Wajah Manusia di NTT, Ini 5 Kasus Pareidolia yang Bikin Heboh

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Viral ikan berwajah mirip manusia ditemukan di Rote Ndao, NTT (dok Pribadi) Foto: Viral ikan berwajah mirip manusia ditemukan di Rote Ndao, NTT (dok Pribadi)
Jakarta -

Baru-baru ini, media sosial dihebohkan dengan adanya video berdurasi sekitar 50 detik yang menampilkan ikan berwajah mirip manusia. Ikan mirip manusia jenis hiu ini membuat masyarakat geger.

Namun, penampakan wajah manusia pada benda atau makhluk lain itu sering terjadi. Fenomena ini disebut dengan pareidolia, yaitu fenomena psikologi yang membuat otak menginterpretasikan penampakan benda-benda dengan komposisi tertentu sehingga terlihat seperti manusia.

Salah satu penelitian menyebut bahwa orang-orang yang sering mengalami fenomena ini adalah perempuan dan kelompok religius. Selain itu, orang-orang dengan mood yang cenderung negatif juga sering mengalami hal ini.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut detikcom rangkum beberapa fenomena pareidolia yang sempat membuat heboh:

Hiu berwajah manusia

Viral sebuah video di media sosial yang memperlihatkan seekor ikan berjenis hiu dengan bentuk wajah mirip dengan manusia. Ikan tersebut memiliki bentuk kepala yang mengerucut pada bagian ujungnya, seperti kepala hiu pada umumnya.

Kemiripannya terletak pada mulut yang berada di sisi yang sama dengan kedua matanya. Meski tidak terlalu mirip, letak mata dan mulutnya ini yang anggap seperti manusia.

Dalam video itu, ikan hiu berwajah unik tersebut terlihat sudah mati. Kabarnya, ikan jenis hiu itu ditemukan seorang nelayan di Desa Pepela, Kecamatan Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ikan berwajah mirip manusia di China

Sebuah video viral di media sosial yang menampilkan seekor ikan yang muncul di permukaan danau di China. Uniknya, ikan tersebut memiliki wajah yang mirip manusia.

Dikutip dari Mirror UK, ikan berwajah manusia ini direkam seorang pengunjung. Ikan yang ukuran tubuhnya cukup besar itu berenang ke tepi danau, dan menjulurkan kepalanya.

Dari video tersebut, pada wajah ikan tersebut terdapat titik-titik gelap mirip dua mata. Selain itu, terdapat dua garis vertikal yang menyerupai sisi hidung pada wajahnya dan satu garis horizontal menyerupai mulut.

Kasus Pareidolia apa lagi yang sempat bikin heboh dunia? Klik ke halaman selanjutnya.

Roti mirip wajah Mother Teresa

Dikutip dari Live Science, puluhan tahun lalu, roti cinnamon yang dikenal sangat menyerupai Mother Teresa juga sempat heboh. Gambar ini pertama kali ditemukan di Bunga Java Cafe di Belmont, Nashville, Tennessee. Roti tersebut bahkan sampai dipajang selama kurang lebih 10 tahun, hingga dicuri pada hari Natal tahun 2007.

Face of Mars

Wajah yang diduga alien tampak di MARS juga sempat menjadi sorotan. Kala itu, pesawat ruang angkasa NASA Viking 1 sedang mengitari planet sembari mencari kemungkinan lokasi pendaratan untuk Viking 2, dan seketika seperti melihat bayangan wajah manusia.

Sebuah kepala raksasa seperti sedang menatap kamera dari wilayah Planet Merah, disebut Cydonia. Sempat terkejut, para ilmuwan mengida itu hanyalah mesa Mars yang cukup umum ditemui di sekitar Cydonia.

Beberapa orang juga melihat penampakan dalam foto tersebut seperti Raja Firaun Mesir. Beberapa hari kemudian, foto ini mendadak viral dan bisa dilihat semua orang, demikian informasi yang dikutip dari Science Nasa.

Foto yang beredar dengan keterangan judul 'formasi batu besar menyerupai kepala manusia, bayangan yang memberikan ilusi mata, hidung, dan mulut'.

Foto ini juga sering dijadikan contoh pareidolia.

Azab anak durhaka jadi ikan pari

Bagi anak 90-an, potret ikan pari di kaset-kaset bertema azab juga sempat heboh. Narasi yang beredar kala itu menyebutkan kalau ikan pari tersebut adalah anak durhaka yang terkena azab.

Meski begitu, sebuah sumber menyebutkan hal ini hanya hoax semata. Ikan pari tersebut merupakan jenis pari yang memang memiliki bagian bawah seperti wajah manusia, yaitu Shovelnose Guitarfish.



Simak Video "Konten Negatif Kok Cenderung Mudah Viral?"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)