Kamis, 25 Feb 2021 09:37 WIB

Mengenal Jenis Patah Tulang yang Dialami Tiger Woods Imbas Kecelakaan Mobil

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
In this aerial image take from video provided by KABC-TV video, a vehicle rest on its side after a rollover accident involving golfer Tiger Woods along a road in the Rancho Palos Verdes section of Los Angeles on Tuesday, Feb. 23, 2021. Woods had to be extricated from the vehicle with the jaws of life tools, the Los Angeles County Sheriffs Department said in a statement. Woods was taken to the hospital with unspecified injuries. The vehicle sustained major damage, the sheriffs department said. (KABC-TV via AP) Jenis patah tulang yang dialami Tiger Woods imbas kecelakaan mobil. (Foto: AP/)
Jakarta -

Kecelakaan mobil terguling Tiger Woods menyebabkan cedera kaki serius dan muncul istilah medis yang tak banyak dikenal dari diagnosisnya. Pemain golf legendaris tersebut dilarikan ke Pusat Medis Harbour UCLA pada Selasa kemarin.

Dikutip dari CNN, kepala petugas medis RS menggambarkan bagaimana luka-luka pada Tiger Woods dalam sebuah postingan Twitter Woods.

"Tuan Woods menderita cedera ortopedi yang signifikan dan sangat ekstrim di bagian kaki kanan bawah, sehingga membutuhkan perawatan dan operasi darurat," kata Dr Anish Mahajan, yang menangani pria berusia 45 tahun tersebut.

"Fraktur terbuka kominutatif (kondisi patah tulang) yang mempengaruhi bagian atas dan bawah tulang tibia dan fibula. Cedera tambahan pada tulang kaki dan pergelangan kaki distabilkan dengan kombinasi sekrup dan pin," sebutnya.

Dokter yang menangani Tiger Woods juga melakukan 'operasi pelepasan penutup otot' yang mengurangi tekanan akibat pembengkakan.

Apa itu fraktur (patah tulang) kominutif terbuka?

Dikutip dari Web MD, ada beragam jenis patah tulang, salah satunya fraktur kominutatif. Cedera ini terjadi saat tulang pecah menjadi tiga bagian atau lebih.

Dalam kasus Tiger Woods, fraktur dalam kondisi terbuka. Artinya, tulang telah pecah menjadi lebih dari dua bagian dan sudah menembus kulit. Apa risikonya?

"Itu berarti ada peningkatan risiko infeksi jika patah tulang tidak segera diatasi," kata Dr Scott Boden, ketua Departemen Ortopedi di Sekolah Kedokteran Universitas Emory di Atlanta, dikutip dari CNN.

"Dan itu juga berarti ada kemungkinan lebih tinggi bahwa tulang tidak akan sembuh dalam jangka waktu normal," lanjutnya.

Apa artinya 'operasi pelepasan penutup otot'?

"Artinya, mereka benar-benar membuat sayatan melalui otot untuk membuka area itu sehingga darah, atau cairan, memiliki tempat tujuan selain untuk memutus sirkulasi," jelas Dr Jeremy Faust, dalam keadaan darurat, dokter di Rumah Sakit Brigham dan Wanita di Boston.

Faust menyebut pada situasi Tiger Woods, pembuluh darah seperti 'kolaps' karena tekanan di daerah sekitarnya. Dokter juga melakukan tindakan yang disebut fasiotomi.

"Jadi prosedur ini, yang disebut fasiotomi, membuat tekanan berkurang sehingga sirkulasi darah dapat berjalan lancar dan Anda tidak mengalami kerusakan saraf permanen dan agar Anda tidak memiliki kematian lebih banyak jaringan," bebernya.

Bahkan, tanpa pengobatan yang tepat, Tiger Woods disebut berisiko mengalami amputasi, kata Faust.

"Para ahli bedah mungkin percaya bahwa jika mereka tidak melakukan salah satu dari prosedur tersebut untuk melepaskan tekanan itu, mereka sebenarnya khawatir dia akan kehilangan anggota tubuh, bahwa amputasi mungkin diperlukan," kata Faust.

Apakah Woods menderita cedera kepala?

Menurut pernyataan RS, Woods sepertinya tak mengalami cedera di kepala atau dadanya. Tak lama setelah kecelakaan Selasa pagi, dia disebut sudah bisa berkomunikasi dan dalam keadaan sadar.

Akankah Tiger Woods bisa segera pulih?

Faust tidak yakin. Pasalnya, masih ada luka terbuka yang belum bisa ditangani sehingga prosedur atau tindakan masih akan terus berjalan.

Namun, sebagian ahli meyakini Tiger Woods bisa pulih dan segera kembali menekuni kariernya sebagai atlet golf profesional. Ia bahkan sempat menjalani lima kali operasi punggung dan kembali bermain golf dengan baik.



Simak Video "Mengenal Metatarsal, Cedera Patah Tulang yang Dialami Luna Maya"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)