Kamis, 25 Feb 2021 12:45 WIB

Kena Varian Baru Corona, Bayi Ini Punya Jumlah Virus 51.418 Lebih Tinggi

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak Foto: Getty Images/iStockphoto/oonal
Jakarta -

Seorang bayi disebut terinfeksi varian baru Corona. Bayi asal Washington ini disebut memiliki jumlah virus atau viral load 51.418 kali lebih tinggi daripada pasien Corona lainnya.

Masih belum jelas seberapa umum atau seberapa berisiko yang menginfeksi bayi tersebut. Namun, temuan awal para peneliti menunjukkan ada delapan kasus lain di wilayah Atlantik tengah Amerika Serikat dengan varian yang sama, berdasarkan studi yang belum peer reviewed.

Varian baru pada bayi tersebut berhasil diidentifikasi ketika para peneliti mengurutkan genom virus dari bayi, yang dirawat pada September dan kini sudah pulih, lapor Ariana Eunjung Cha dari Post.

Varian baru Corona tersebut, kata para peneliti, memiliki jenis atau struktur protein spike yang berbeda, sehingga membuat COVID-19 lebih menular. Namun varian ini belum bisa dibuktikan berkaitan dengan banyaknya jumlah virus pada bayi tersebut.

"Bisa jadi kebetulan sekali," kata Roberta DeBiasi, kepala penyakit menular di Rumah Sakit Nasional Anak Washington DC, tempat sang bayi sebelumnya dirawat, dikutip dari Business Insider.

"Tetapi kaitannya cukup kuat. Jika Anda melihat pasien yang memiliki lebih banyak virus secara eksponensial dan itu adalah varian yang sama sekali berbeda, mungkin itu berkaitan," tambahnya.

Sementara ini, menurut data keseluruhan anak-anak cenderung tak mengalami kasus COVID-19 parah. Meski begitu, Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyebut setiap orang memang berisiko tertular hingga menularkan COVID-19.

Kasus COVID-19 parah pada anak-anak memang jarang terjadi, tetapi tetap ada. Beberapa kasus Corona yang ditemukan bahkan berkaitan dengan efek samping yang serius dan jangka panjang, termasuk kerusakan otak.



Simak Video "Varian Baru Corona Muncul, Warga Diharapkan Tetap Terapkan 3M"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)