Kamis, 25 Feb 2021 13:25 WIB

Singapura Kedatangan Vaksin Corona Sinovac, Tinggal Tunggu Izin Penggunaan

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Petugas medis memberikan vaksin Sinovac kepada Tenaga Kesehatan Puskesamas Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Kamis (14/1). Pada hari pertama pemberian vaksin Sinovac, terdapat 11 orang tenaga kesehatan yang disuntik vaksin di Puskesma Kecamatan Cilincing. Singapura menerima kedatangan vaksin Sinovac. (Foto ilustrasi: Pradita Utama)
Jakarta -

Singapura telah menerima pengiriman pertama vaksin Corona buatan Sinovac Biotech pada Selasa (23/2/2021). Namun, vaksin ini belum dapat digunakan, karena masih menunggu persetujuan penggunaan dari otoritas kesehatan setempat.

Dikutip dari The Straits Times, Kementerian Kesehatan Singapura mengatakan bahwa produsen vaksin Sinovac telah mengirimkan data awal ke Health Sciences Authority (HSA) untuk proses persetujuan penggunaan.

"HSA saat ini sedang menunggu penyerahan semua informasi yang diperlukan Sinovac untuk melakukan penilaian ilmiah menyeluruh dari proses pembuatan, keamanan, dan kemanjuran vaksin di bawah rute akses khusus pandemi (PSAR)," ungkap Kementerian Kesehatan Singapura.

Singapura sejauh ini telah menyetujui penggunaan vaksin Corona buatan Pfizer dan Moderna melalui PSAR.

Sebagai syarat otorisasi, produsen vaksin harus memantau kemanjuran vaksin secara jangka panjang untuk menentukan durasi perlindungan pengguna terhadap COVID-19. Mereka juga diharuskan untuk terus menindaklanjuti keamanan produk untuk jangka waktu yang lebih lama demi menjamin keamanan vaksin.

Pemerintah Singapura pun menargetkan untuk memvaksin COVID-19 seluruh warganya yang berjumlah hampir 6 juta jiwa pada akhir 2021.

Sejauh ini, Singapura telah mencatat hampir 60 ribu kasus COVID-19 di negaranya dan hanya ada 29 orang yang meninggal akibat infeksi virus Corona.



Simak Video "Rekomendasi Baru Sinovac soal Penggunaan Vaksin Corona Buatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/kna)