Kamis, 25 Feb 2021 18:03 WIB

Viral Antrean Vaksinasi COVID-19 untuk Lansia, Ini Tanggapan Satgas

Firdaus Anwar - detikHealth
Sejumlah lansia di Puskesmas Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, tampak antusias mengikuti vaksin COVID-19. Vaksinasi lansia. (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Beberapa waktu lalu sempat viral rekaman video antrean panjang lansia yang ingin divaksinasi COVID-19. Hal tersebut dilaporkan terjadi di RSUD Kembangan, Jakarta Barat, pada Minggu (21/2/2021), karena masih minimnya sosialisasi proses pendaftaran.

Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, mengatakan pihak Kementerian Kesehatan dan fasilitas kesehatan akan terus berupaya memperbaiki sistem pemberian vaksin. Lansia yang telah mendaftar secara daring diharapkan akan mendapatkan informasi jadwal pemberian vaksin yang sudah disesuaikan sehingga tidak lagi terjadi antrean panjang.

"Lansia dapat lebih mudah mendapatkan informasi jadwal dan menyesuasikan waktu kedatangan di fasilitas kesehatan. Dengan demikian kejadian serupa seperti di RSUD Kembangan dapat dihindari ke depannya," komentar Wiku dalam konferensi pers yang disiarkan BNPB, Kamis (25/2/2021).

Wiku juga menambahkan nantinya tempat pemberian vaksin COVID-19 akan semakin diperbanyak untuk mempermudah akses masyarakat di luar ibu kota provinsi atau kabupaten/kota.

"Saat ini lokasi vaksinasi bagi lansia tersedia di ibu kota provinsi dan beberapa kabupaten/kota. Untuk selanjutnya pemerintah akan terus memperluas cakupan lokasi pelaksanaan vaksinasi sehingga masyarakat, terutama lansia, yang tinggal jauh dari ibu kota provinsi dapat memperoleh vaksin di lokasi yang lebih terjangkau," papar Wiku.



Simak Video "Kendala Vaksinasi Lansia: Banyak yang Tidak Sadar Tensinya Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/naf)