Jumat, 26 Feb 2021 11:25 WIB

Antar Eyang Vaksin COVID-19? Jangan Dadakan Ya, Daftar Online Dulu!

Vidya Pinandhita - detikHealth
Para lansia antri untuk memperoleh vaksin COVID-19 di RSUD Kembangan, Jakarta Barat, Selasa (23/2/2021). Antrian yang sempat viral pada Minggu (21/2) sudah tidak terlihat lagi. Beberapa lansia mengantre dengan ditemani oleh keluarga yang masih muda. Antrean vaksinasi lansia di RSUD Kembangan, Jakbar (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Vaksinasi COVID-19 tahap 2 untuk petugas layanan publik dan lansia resminya sudah berlangsung sejak 17 Februari 2021. Namun hingga hari ini, masih ada kesimpangsiuran informasi tentang pendaftaran dan jadwal vaksinasi.

Kementerian Kesehatan Menyebut ada dua mekanisme pendaftaran, salah satunya melalui website Kemenkes. Lansia yang sudah menyelesaikan pendaftaran online dan menerima panggilan dari RSUD atau puskesmas via Whatsapp atau SMS dipersilakan hadir ke lokasi vaksin sesuai jadwal yang ditetapkan.

"Kami juga bekerja sama dengan puskesmas kecamatan Kramat Jati. Alur pelayanan untuk vaksinasi COVID-19 untuk lansia di RSUD Kramat Jati kita tata agar tidak terjadi penumpukan di satu waktu. Lansia perlu dijaga kesehatannya, protokol kesehatan harus dijaga," terang direktur RSUD Kramat Jati, Dr Friana Asmely, MARS pada detikcom, Jumat (26/2/2021).

Dr Friana menyebutkan, karena vaksinasi untuk lansia ini bersifat umum, lansia bisa memilih sendiri di RSUD atau puskesmas mana mereka akan menerima vaksin.

Pantauan detikcom, hingga pukul 10.30 WIB memang tidak ada kerumunan di RSUD Kramat Jati. Lansia yang sudah membereskan pendaftaran online bisa langsung melakukan registrasi, skrining kesehatan, lalu suntik vaksinasi.

Setelahnya, lansia diminta menunggu selama 30 menit di ruang observasi untuk melihat ada atau tidak adanya gejala pasca penyuntikan vaksin. Setelah tubuh dicek kembali, lansia diperbolehkan pulang.

Daftar Vaksin Covid Lansia di Mana? Ini Kumpulan Link ResminyaDaftar Vaksin Covid Lansia di Mana? Ini Kumpulan Link Resminya Foto: infografis detikHealth

Untuk hari ini, tercatat 41 lansia menerima vaksin COVID-19 di RSUD Kramat Jati. Hingga pukul sejak pukul 08.30 - 10.15 WIB, sudah ada 25 lansia yang disuntik.

Beberapa lansia terpantau batal mendapatkan vaksinasi karena belum membereskan pendaftaran online. Jika belum mendapat notifikasi melalui WhatsApp dan SMS, jangan harap akan disuntik saat itu juga.

Dr Friana menjelaskan, pengumpulan dan verifikasi data oleh Kemenkes membutuhkan waktu sehari. Jadi jika lansia baru mendaftar online ke Kemenkes kemarin, paling cepat notifikasi dari RSUD baru bisa dikirimkan hari ini.

Berdasarkan prosedur yang berlaku di RSUD Kramat Jati, berikut alur pendaftaran vaksinasi COVID-19 untuk lansia kawasan DKI Jakarta:

  • Daftar online lewat kemenkes.go.id
  • Mendapat notifikasi WhatsApp atau SMS dari RSUD atau puskesmas yang dipilih
  • Pendaftaran ulang lewat tautan yang diberikan melalui Whatsapp atau SMS
  • Isi tanggal vaksinasi (menyesuaikan ketersediaan waktu lansia penerima vaksin)
  • Datang ke RSUD atau Puskesmas yang dipilih sesuai waktu yang telah ditetapkan


Simak Video "Apakah Tubuh Jadi Kebal COVID-19 Setelah Divaksin? "
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)