Sabtu, 27 Feb 2021 21:42 WIB

Tentang P-Care Vaksin, Aplikasi Pendukung Vaksinasi COVID-19

Tim detikcom - detikHealth
Sejumlah pekerja media mendapatkan vaksin COVID-19. Proses vaksinasi dilakukan di Hall A Senayan, Jakarta. Foto: Grandyos Zafna/Tentang P-Care Vaksin, Aplikasi Pendukung Vaksinasi COVID-19
Jakarta -

P-Care adalah bagian dari sistem informasi berbasis website yang sudah disediakan BPJS Kesehatan. Aplikasi itu untuk Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), seperti Puskesmas, Klinik Pratama dan Dokter Praktik Mandiri dalam melayani peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat.

Selama ini, sistem informasi dalam P-Care pada umumnya mencakup data kepesertaan, riwayat pelayanan kesehatan, data kunjungan sakit maupun kunjungan sehat, data rujukan dan rujuk balik.

Selain itu riwayat peserta Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis).

Aplikasi P-Care versi vaksin COVID-19 milik BPJS Kesehatan akan mendukung:

1. Proses registrasi sasaran penerima vaksin

2. Screening status kesehatan

3. Mencatat dan melaporkan hasil pelayanan vaksinasi COVID-19.

Dilansir situs BPJS Kesehatan, Fachmi Idris saat masih menjabat Direktur Utama BPJS Kesehatan mengatakan, pelaksanaan program vaksinasi COVID-19, dikelola secara elektronik melalui Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi COVID-19.

Sistem informasi terintegrasi ini mendukung mulai dari pendataan sasaran, registrasi dan verifikasi sasaran, penentuan lokasi dan jadwal pelayanan vaksinasi, penentuan alokasi serta monitoring vaksin dan logistik, serta pencatatan dan pelaporan hasil pelayanan.

Pada saat pelayanan vaksinasi COVID-19, untuk pencatatan dan pelaporan di FKTP adalah P-Care versi Vaksin COVID-19 https://www.detik.com/tag/vaksin-covid_19. Pelayan itu telah diintegrasikan dengan Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi COVID -19.

Khusus pelaksanaan vaksinasi, aplikasi P-Care versi vaksin COVID-19 juga dapat dipergunakan oleh seluruh fasilitas kesehatan yang menyelenggarakan vaksinasi COVID-19. Jadi bukan hanya yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Sosialisasi awal akan dilakukan kepada FKTP yang bekerjasama serta melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah. Hal ini agar saat pelaksanaan pemberian vaksin COVID-19 berjalan dengan lancar.

Kementerian Kesehatan (kemenkes) melalui Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr. Maxi Rein Rondonuwu telah menginstruksikan kepada seluruh Kepala Dinas Kesehatan untuk segera memasukkan data hasil vaksinasi COVID-19 ke dalam aplikasi Pcare milik BPJS Kesehatan. Instruksi ini disampaikan melalui surat no SR.02.06/I/193/2021 per tanggal 20 Januari 2021.



Simak Video "Langkah Kemenkes Optimalkan Vaksinasi COVID-19 untuk Lansia"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)