Minggu, 28 Feb 2021 11:41 WIB

5 Fakta Kanker Hati, Penyakit yang Diidap Paman Tat Sebelum Meninggal

Ardela Nabila - detikHealth
Liver cancer concept photo. Anatomical shape of liver lies near letters composing word cancer surrounded by set of tests, analysis, drugs, MRI and stethoscope. Diagnosis treatment of cancerous liver Fakta-fakta kanker hati di balik meninggalnya Ng Man Tat 'Paman Boboho' (Foto: iStock)

Jika telah ditentukan faktor-faktor di atas, maka beberapa pengobatan yang dapat dilakukan pada pasien pengidap kanker hati adalah:

Transplantasi hati

Transplantasi hati merupakan prosedur di mana dokter mengganti organ hati pasien terinfeksi dengan organ hati sehat yang didapat dari donor. Namun, transplantasi hanya dapat dilakukan jika sel kanker belum menyebar ke organ lainnya.

Ablasi

Ablasi adalah metode yang melibatkan penggunaan injeksi etanol untuk menghancurkan sel kanker. Ablasi dapat dilakukan pada pasien yang tidak melakukan operasi maupun transplantasi.

Kemoterapi

Kemoterapi merupakan metode yang menyuntikkan obat melalui arteri untuk menghancurkan sel kanker. Umumnya, kemoterapi menimbulkan efek samping berupa muntah dan hilangnya nafsu makan pada pasien yang tengah menjalani terapi ini.

Hepatektomi

Hepatektomi merupakan operasi yang dilakukan untuk mengangkat sebagian atau seluruh bagian hati. Operasi ini biasanya dilakukan jika sel kanker belum menyebar ke organ lainnya. Seiring berjalannya waktu, jaringan sehat pada hati akan tumbuh kembali dan mengisi bagian yang sebelumnya telah diambil saat operasi.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Kenali Gejala Dini Kanker Pada Anak"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)