Minggu, 28 Feb 2021 14:12 WIB

Disebut Hampir Tercapai di New Delhi, Apa Itu Herd Immunity COVID-19?

Ardela Nabila - detikHealth
Kemenkes mencatat 132.004 orang tenaga kesehatan di Indonesia sudah disuntik virus Corona. Angka itu adalah 22 persen dari total 598.483 Nakes yang akan divaksin. Ilustrasi vaksin COVID-19 (Foto: Ari Saputra)
Topik Hangat Kapan Corona Hilang?
Jakarta -

Kota New Delhi di India dikabarkan hampir mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity terhadap COVID-19. Hal tersebut didasari oleh data pengujian antibodi terbaru yang dilakukan di ibu kota India dan melibatkan lebih dari 28.000 sampel.

Sejak awal pandemi COVID-19 setahun yang lalu, istilah herd immunity kerap jadi perbincangan hangat. Sempat ada anggapan, herd immunity adalah ketika semua orang dibiarkan terpapar COVID-19, dan yang bertahan akan membentuk kekebalan.

Sebenarnya apa itu herd immunity?

Dikutip dari WebMD, herd immunity atau kekebalan kelompok adalah kondisi ketika sebagian besar dari jumlah populasi di suatu area telah kebal terhadap suatu penyakit tertentu. Artinya, jika telah terdapat cukup orang yang kebal terhadap sebuah penyakit, maka virus atau bakteri tidak lagi memiliki tempat untuk singgah.

Meski tidak semua orang bisa kebal terhadap penyakit tersebut, seperti bayi dan orang dengan daya tahan tubuh lemah, kelompok yang telah kebal nantinya dapat menjadi pelindung. Sebab, orang yang memiliki risiko tinggi terinfeksi telah banyak berkurang, sehingga jumlah kasus terinfeksi turut menurun.

Sejumlah pekerja media mendapatkan vaksin COVID-19. Proses vaksinasi dilakukan di Hall A Senayan, Jakarta.Vaksinasi massal merupakan salah satu cara mewujudkan herd immunity. Foto: Grandyos Zafna

Cara mewujudkan herd immunity

Terdapat dua cara mewujudkan herd immunity, yakni secara natural dan melalui vaksinasi.

1. Natural

Jika dilakukan secara natural, tubuh yang telah terpapar oleh virus atau bakteri akan membentuk antibodi untuk melawan infeksi yang akan dipertahankan oleh tubuh saat sudah sembuh. Hal ini lah yang menyebabkan tubuh kemudian dapat melawan infeksi lainnya.

Sebelumnya, herd immunity natural ini telah diterapkan di Brazil saat negara tersebut dihadapi oleh wabah virus Zika yang menginfeksi 63 persen dari populasinya. Menurut peneliti, kelompok populasi di Brazil telah berhasil mencapai tingkatan yang tepat untuk herd immunity.

2. Vaksinasi

Vaksinasi juga dapat membangun daya tahan tubuh. Pasalnya, vaksin dapat membuat tubuh berpikir bahwa tubuh telah terinfeksi oleh virus atau bakteri, sehingga sistem daya tahan tubuh akan membentuk antibodi. Lalu, saat tubuh terinfeksi virus atau bakteri, tubuh sudah memiliki antibodi yang siap melawan infeksi tersebut. Di Amerika Serikat, vaksinasi telah berhasil mengatasi penyakit polio.

Sementara itu, herd immunity dapat segera diwujudkan jika 50-67 persen dari populasi telah kebal terhadap penyakit yang menjadi wabah. Kemudian, angka kasus terinfeksi baru bisa mulai menurun.

Mewujudkan herd immunity, termasuk dalam kaitannya dengan COVID-19, tentu tidak selalu mudah. Berbagai tantangan untuk mewujudkannya bisa disimak di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Herd Immunity akan Sulit Dicapai Jika..."
[Gambas:Video 20detik]
Topik Hangat Kapan Corona Hilang?
DRooftalk
×
Lebaran Dilarang Mudik
Lebaran Dilarang Mudik Selengkapnya