Minggu, 28 Feb 2021 19:22 WIB

Rekomendasi Terbaru CDC: Buka Jendela di Sekolah untuk Cegah COVID-19

Firdaus Anwar - detikHealth
Uji coba sekolah tatap muka di Banyuwangi dimulai hari ini. Untuk meminimalisir penularan COVID-19, pembelajaran dimulai dari wilayah pinggiran. Uji coba sekolah tatap muka di Banyuwangi. (Foto: Ardian Fanani)
Jakarta -

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengeluarkan rekomendasi terbaru bagi sekolah-sekolah yang menjalankan proses belajar tatap muka di tengah pandemi COVID-19. Sekolah disarankan membuka seluruh jendela untuk cegah penyebaran virus Corona.

Ini adalah rekomendasi pertama dari CDC yang khusus membahas pentingnya ventilasi dalam mengurangi partikel virus di udara. Diketahui virus Corona COVID-19 dapat menyebar lewat udara di dalam ruangan lewat percikan liur halus (aerosol).

"Bila kondisinya aman, buka pintu dan jendela. Membuka sedikit celah saja sudah bisa membantu mengurangi potensi konsentrasi partikel virus di udara," tulis CDC dan dikutip dari situs resminya pada Minggu (28/2/2021).

CDC juga menyarankan memakai kipas untuk mengoptimalkan aliran udara. Pasang kipas sehingga dapat mendorong udara keluar ruangan, kemudian menarik udara segar dari luar ke dalam ruangan.

Jika sekolah memakai air conditioner (AC) maka pastikan tidak dalam pengaturan yang membuat udara hanya bersirkulasi di dalam ruangan.



Simak Video "Ahli Gizi Ingatkan Jaga Pola Makan Seimbang Saat Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)