Senin, 01 Mar 2021 13:36 WIB

Catat, Ini Gejala COVID-19 yang Sering Muncul pada Pasien Anak dan Remaja

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
COVID-19 named by WHO for Novel coronavirus NCP concept. Doctor or lab technician in PPE suit holding blood sample with novel (new) coronavirus  in Wuhan, Hubei Province, China, medical and healthcare Ilustrasi COVID-19. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Pornpak Khunatorn)
Jakarta -

Umumnya, gejala COVID-19 yang sering muncul seperti demam, batuk, dan juga kehilangan kemampuan indra penciuman dan perasa. Namun, sebuah penelitian baru menunjukkan usia juga bisa menentukan gejala Corona apa saja yang akan muncul.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan para ahli di Imperial College London, ada beberapa gejala pada anak muda yang tidak dialami para pasien COVID-19 dewasa. Studi itu juga menyebutkan, pada anak usia 5-17 tahun sangat kecil kemungkinannya mengalami tiga gejala umum COVID-19 tersebut.

Pada usia tersebut kemungkinan besar mengalami sakit kepala pasca terinfeksi virus Corona. Data ini diperoleh setelah menganalisis sebanyak 198 anak yang positif COVID-19.

Untuk mengetahuinya, para peneliti menganalisis data lebih dari satu juta sampel pasien antara bulan Juni 2020 hingga Januari 2021. Hasilnya, terungkap bahwa sebanyak 52 persen anak usia sekolah yang terinfeksi umumnya tidak menunjukkan gejala seperti orang dewasa.

Dikutip dari The Sun, berikut beberapa gejala COVID-19 yang sering muncul, yaitu:

  • Kelelahan: 55 persen
  • Sakit kepala: 53 persen
  • Demam: 49 persen
  • Sakit tenggorokan: 38 persen
  • Kehilangan selera makan: 35 persen

Selain itu, ditemukan juga bahwa sebanyak 15 persen anak yang terinfeksi COVID-19 juga mengalami ruam pada kulit yang tidak biasa.



Simak Video "Reaksi Kulit yang Bisa Terjadi Pada Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)