Senin, 01 Mar 2021 15:42 WIB

Pakar Prediksi Anak-anak Bisa Segera Divaksinasi di Akhir Tahun Ini

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Stay at home quarantine coronavirus pandemic prevention.Mother and daughter in protective medical masks standing near on window and looks out window. Pakar prediksi anak-anak bisa divaksinasi COVID-19 di akhir tahun. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/virojt)
Jakarta -

Pakar penyakit menular di Amerika Serikat (AS) Dr Anthony Fauci memprediksi, kemungkinan anak-anak di negara tersebut bisa mendapatkan vaksin COVID-19 pada akhir tahun atau awal tahun 2022 mendatang. Vaksinasi massal pada kelompok usia anak-anak sekolah ini akan memungkinkan jutaan anak bisa kembali melakukan pembelajaran tatap muka.

Amerika Serikat saat ini memiliki 3 jenis vaksin, yaitu Pfizer-BioNTech, Johnson&Johnson, dan Moderna. Ketiganya belum memiliki izin untuk anak di bawah usia 16 tahun, namun uji klinis masih terus dilakukan.

Menurut Dr Fauci, adanya uji coba tersebut membuka kemungkinan anak-anak usia sekolah menengah (sekitar usia 14-18 tahun) di Amerika Serikat bisa mendapatkan vaksin pada musim gugur (September-Desember) ini.

"Saya tidak yakin persis pada hari pertama sekolah dibuka, tapi cukup dekat dengan itu," lanjutnya.

Ia mengatakan, data tentang keamanan dan kemanjuran vaksin untuk anak-anak usia sekolah dasar hingga menengah masih terus dikumpulkan. Sehingga, secara realistis vaksin mungkin sebagian bisa didapatkannya di akhir 2021 atau awal 2022.

Jika dibandingkan dengan orang dewasa, kelompok anak-anak lebih jarang terinfeksi virus Corona. Pihak Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) pun mengeluarkan pedoman baru yang mendesak untuk membuka kembali sekolah secepat mungkin dengan aman.

Strategi yang bisa dilakukan untuk mendukungnya, yaitu dengan menekankan kebiasaan mencuci tangan, disinfeksi, serta melakukan pelacakan kontak.



Simak Video "Apakah Tubuh Jadi Kebal COVID-19 Setelah Divaksin? "
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)