Senin, 01 Mar 2021 18:03 WIB

Hoax Seputar Efek Vaksin COVID-19, Memperbesar Mr P hingga Jadi Buaya

Ardela Nabila - detikHealth
ilustrasi ereksi Hoax vaksin COVID-19 memperbesar Mr P (Foto: iStock)
Jakarta -

Vaksinasi COVID-19 yang saat ini masih terus dilakukan tidak terhindar dari kabar-kabar tidak benar alias hoax yang kerap beredar di masyarakat. Hal tersebut tentunya membuat resah karena menyebabkan masyarakat menjadi takut untuk melaksanakan vaksinasi.

Berbagai kabar menyesatkan mengenai efek vaksin COVID-19 tersebut telah menyebabkan masyarakat menjadi heboh. Sejumlah hoax seputar vaksin COVID-19 yang beredar di masyarakat pun sempat menjadi sorotan, beberapa di antaranya, yaitu:

1. Memperbesar Mr P

Kabar mengenai hal ini sempat menjadi sorotan usai tersebarnya sebuah jurnal vaksin COVID-19 dalam bahasa Inggris yang mengatakan vaksinasi bisa memperpanjang ukuran penis hingga 5-7 sentimeter. Jurnal fiktif tersebut membahas salah satu jenis vaksin rekombinan.

Mendengar kabar tersebut, juru bicara vaksinasi COVID-19 dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Lucia Rizka Andalusia, pun langsung buka suara.

"Hoax lah... mana ada jurnal ilmiah pakai bahasa seperti itu. Lagian vaksin kita kan bukan rekombinan," jelasnya saat dihubungi detikcom, Kamis (7/1/2021).

Selain Lucia, ahli urologi dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, dr Agus Rizal A H Hamid, SpU juga angkat bicara dan mengatakan bahwa hal tersebut tidak mungkin terjadi. Sebab, tidak ada hubungannya vaksin dengan penis.

2. Jadi buaya

Hoax yang sempat membuat heboh publik ini muncul setelah Presiden Brasil Jair Bolsonaro menyatakan bahwa vaksin COVID-19 dapat mengubah seseorang menjadi buaya. Ia mengatakan bahwa vaksin yang dikembangkan oleh Pfizer-BioNTech itu tidak bertanggung jawab atas efek samping apapun. Padahal, vaksin tersebut telah menjalani uji klinis di Brasil hingga berminggu-minggu.

Lebih lanjut, Bolsonaro turut mengungkapkan bahwa dirinya bersikeras bahwa ia tidak akan menerima vaksinasi lantaran ia telah memiliki antibodi. Namun, ia tetap akan menggratiskan vaksin COVID-19 bagi seluruh warga Brasil, tetapi warganya tidak diwajibkan untuk vaksinasi. Meski demikian, berdasarkan keputusan Mahkamah Agung Brasil, vaksinasi tetap wajib untuk dilakukan.

Vaksin COVID-19 juga sempat dirumorkan bikin mandul. Fakta di balik hoax tersebut bisa disimak di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Penjelasan Satgas Soal Isu 'Chip' hingga Rahasia Data Vaksin"
[Gambas:Video 20detik]