Senin, 01 Mar 2021 19:03 WIB

Halodoc Segera Hadirkan Drive-Thru Resmi Vaksinasi COVID-19

Inkana Putri - detikHealth
Aplikasi layanan kesehatan online, Halodoc akan menghadirkan pusat layanan vaksinasi COVID-19 drive thru mulai 3 Maret 2021 di area parkir Hall JiExpo Kemayoran. Foto: Halodoc
Jakarta -

Aplikasi layanan kesehatan online, Halodoc akan menghadirkan pusat layanan vaksinasi COVID-19 drive thru mulai 3 Maret 2021 di area parkir Hall JiExpo Kemayoran. Sebelumnya, Halodoc juga telah memiliki fasilitas Drive Thru untuk Tes COVID-19, yang merupakan inovasi selama pandemi.

CEO & Co-founder Halodoc, Jonathan Sudharta mengatakan saat ini Halodoc telah resmi menjadi mitra Kementerian Kesehatan RI dan satu-satunya menghadirkan pusat layanan vaksinasi COVID-19 drive thru. Ke depan, Halodoc juga akan berkolaborasi dengan Kemenkes, Dinas Kesehatan DKI Jakarta, RS Hermina, Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPKK) dan Gojek melalui inovasi berupa layanan vaksinasi COVID-19

"Dengan dukungan dari pemerintah serta pemangku kepentingan terkait, Halodoc akan terus menghadirkan inovasi yang dibutuhkan masyarakat. Salah satunya, pos pelayanan program vaksinasi COVID-19 secara drive-thru sebagai kontribusi Halodoc pada upaya percepatan program vaksinasi COVID-19 di indonesia yang akan dimulai pada tanggal 3 Maret 2021 hingga akhir tahun 2021," ujar Jonathan dalam keterangan tertulis, Senin (1/3/2021).

Lebih lanjut Jonathan menyampaikan hingga Februari 2021, layanan drive thru Halodoc telah memfasilitasi lebih dari 600.000 tes COVID-19 dengan swab antigen. Sementara itu, terkait program vaksinasi COVID-19, ia mengatakan pada tahap awal pelaksanaan, vaksinasi akan melayani kelompok masyarakat yang memiliki KTP DKI Jakarta secara drive-thru.

Adapun vaksinasi nantinya akan diberikan secara gratis dan tidak dipungut biaya apapun. Untuk vaksinasi selanjutnya, Jonathan juga mengimbau agar penerima vaksin mengikuti arahan dari Kementerian terkait.

"Kami menghimbau bagi teman-teman yang ada di DKI Jakarta untuk membantu memastikan keluarga maupun sanak saudara yang berusia lanjut dan telah memenuhi kriteria dari Kementerian Kesehatan RI mendapatkan akses vaksinasi COVID-19 dengan memanfaatkan platform Halodoc," ungkapnya.

Melalui program ini, Halodoc optimis bahwa nantinya layanan telemedis akan semakin dibutuhkan oleh masyarakat. Pasalnya, beberapa data survei dari firma konsultasi manajemen mencatat pertumbuhan pasca lockdown dan jumlah pengguna yang memanfaatkan layanan telemedis kesehatan fisik dan mental tetap stabil.

Jonathan berharap adanya pos ini dapat menjadi sarana bagi masyarakat penerima vaksin sehingga penanggulangan COVID-19 dapat segera diatasi.

"Dengan adanya Pos Pelayanan Program Vaksinasi COVID-19 secara drive thru ini, kami berharap dapat memberikan sarana yang lebih aman dan nyaman bagi para penerima vaksinasi khususnya para lansia sebagai upaya kontribusi bagi percepatan program vaksinasi COVID-19 demi terciptanya kekebalan kelompok (herd immunity) di Indonesia," pungkasnya.

Sebagai informasi, Halodoc mencatat adanya peningkatan selama tahun 2020. Dalam pencapaian tersebut, tercatat pengguna aktif bulanan Halodoc mencapai 18 juta pengguna, dengan transaksi di layanan toko obat naik sebesar lima kali lipat sepanjang tahun 2020.

(akn/ega)
DRooftalk
×
Lebaran Dilarang Mudik
Lebaran Dilarang Mudik Selengkapnya