Selasa, 02 Mar 2021 08:00 WIB

Setahun Corona RI

Kilas Balik Setahun Corona: Cerita Masker Langka, Harganya Sampai Jutaan

Yuviniar Ekawati - detikHealth
azab penjual masker n95 di tengah wabah virus corona Di awal pandemi, harga masker sempat naik gila-gilaan (Foto: infografis detikHealth)

SNI untuk masker

Imbas aturan masker yang benar dan paling aman kerap berubah dan begitu banyak jenisnya, Badan Standardisasi Nasional (BSN) menetapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) terkait masker kain.

Berdasarkan standar SNI, masker kain harus terdiri dari minimal dua lapis kain. Namun, aturan ini tidak lantas mewajibkan semua produsen masker kain mengikuti ketentuan SNI yang ditetapkan BSN.

"Saat ini SNI Masker dari Kain bersifat sukarela, yang artinya produsen masker tidak wajib memproduksi masker sesuai SNI tersebut dan tidak wajib untuk di sertifikasi," sebut Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama, dan Layanan Informasi BSN, Zul Amri, kepada detikcom Jumat (25/9/2020).

Disarankan masker kain tiga lapis

Juru Bicara Satgas Penganan COVID-29 saat itu, dr Reisa Broto Asmoro, menjelaskan masker kain yang direkomendasikan memiliki tiga lapisan. Tiga lapisan yang direkomendasikan adalah seperti berikut.

  1. Lapisan dalam berupa bahan penyerap seperti katun
  2. Lapisan tengah berupa bahan tanpa tenun seperti polipropilena
  3. Lapisan luar berupa bahan yang tidak mudah menyerap air seperti poliester.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Aturan Baru CDC soal Tanpa Masker di Luar Ruangan Jika Sudah Vaksin"
[Gambas:Video 20detik]