Selasa, 02 Mar 2021 12:16 WIB

Setahun Corona RI

Ragam Cara Unik Cegah Corona: Masker Anti Nuklir hingga Belanja Pakai APD

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Relawan pengatur lalin di Yogya ini pakai helm galon untuk tangkal Corona Foto: Relawan pengatur lalin di Yogya ini pakai helm galon untuk tangkal Corona (PRadito/detikcom)
Jakarta -

Hari ini, Selasa (2/3/2021) tepat setahun Corona mewabah di Indonesia. Masuknya virus Corona di Indonesia ini membuat banyak orang menjadi lebih waspada terhadap penularan virus tersebut.

Ada berbagai cara unik yang pernah dilakukan untuk menghindari penularan virus Corona. Ada yang tampak inspiratif dan menghibur, ada pula yang menuai kontroversi karena dianggap berlebihan.

Berikut ini berbagai cara unik mencegah penularan virus Corona.

1. Penumpang KRL tangannya 'diplastikin'

Saat virus Corona mulai masuk ke Indonesia, berbagai hal dilakukan untuk mencegah penularannya seperti menggunakan masker dan sebagainya. Namun, ada hal unik yang terlihat di KRL Commuter Line dengan rute perjalanan Bekasi-Jakarta Kota.

Berdasarkan pantauan detikcom, salah satu penumpang bapak-bapak menggunakan sarung tangan plastik saat berpegangan di KRL dan turun di Stasiun Manggarai. Ia juga menggunakan masker medis yang menutupi hidung dan mulutnya.

Penumpang KRL Commuter Line menggunakan sarung tangan plastik untuk cegah virus corona.Penumpang KRL Commuter Line menggunakan sarung tangan plastik untuk cegah virus corona. Foto: Sarah Oktaviani Alam/detikHealth

2. Tukang parkir pakai 'helm' galon tangkal Corona

Untuk mencegah penularan virus Corona, orang-orang umumnya menggunakan masker yang menutupi bagian hidung serta mulutnya. Tetapi, berbeda dengan yang digunakan Ali Akbar Hasan yang berprofesi sebagai sukarelawan pengatur lalu lintas.

Pria berusia 52 tahun asal Yogyakarta itu memilih menggunakan 'helm' atau pelindung kepala dari galon air bekas. Di galon tersebut juga terdapat tulisan 'Bersama Melawan Corona'.

3. Viral pengantin berjas hujan di Temanggung

Sepasang pengantin di Desa Katekan, Kecamatan Ngadirejo, Temanggung mendadak viral di media sosial. Hal ini dikarenakan pakaian yang mereka gunakan saat menikah.

Saat prosesi ijab-kabul, kedua pengantin serta wali pernikahan terlihat menggunakan jas hujan plastik berwarna merah dilengkapi dengan masker. Sementara penghulu hanya menggunakan masker dan juga sarung tangan.

4. Belanja pakai APD di supermarket

Beberapa waktu lalu, beredar sebuah video menunjukkan dua orang yang menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap berupa baju hazmat. Keduanya terlihat tengah berbelanja di supermarket di kawasan Jakarta Selatan.

Dalam video viral itu, kedua orang tersebut menggunakan baju hazmat yang lengkap dengan masker, sarung tangan, dan membawa troli belanja. Salah satu dari orang tersebut juga terlihat berdebat dengan seseorang yang tampak menegurnya.

5. Driver ojol pakai masker 'anti nuklir'

Beredar di media sosial seorang pengendara atau driver ojol yang sedang bersiap-siap untuk mengangkut penumpang. Bukan menggunakan masker medis atau kain biasa, driver ojol ini menggunakan masker anti radiasi untuk mencegah penularan virus Corona.

Masker berbentuk seperti nyamuk yang disertai dengan alat pernapasan seperti belalai itu sebenarnya adalah masker gas yang biasa juga digunakan sebagai masker radiasi. Meski pernah dipakai di negara-negara Eropa Timur, masker ini sudah tak lazim digunakan.



Simak Video "Setahun Corona, Pasien 01 RI Alami Long Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)