Selasa, 02 Mar 2021 13:33 WIB

Setahun Corona RI

Gonta-ganti Jubir Corona, Achmad Yurianto hingga Reisa Broto Asmoro

Yuviniar Ekawati - detikHealth
Juru Bicara COVID-19: Achmad Yurianto, Reisa Broto Asmoro, Wiku Adisasmito Gonta-ganti jubir Corona (dok. BNPB)
Jakarta -

Setahun pandemi COVID-19 melanda Indonesia, pemerintah beberapa kali mengganti juru bicara. Mulai dari gaya berbusana hingga cara penyampaian, kemunculan para juru bicara ini selalu mencuri fokus.

Dirangkum detikcom, berikut ini para juru bicara yang pernah hadir menyampaikan perkembangan kasus virus Corona di Indonesia.

1. Achmad Yurianto

Di awal kasus COVID-19 merebak, Achmad Yurianto ditunjuk menjadi Jubir, tempatnya pada 3 Maret 2020. Ia menyampaikan kabar kasus COVID-19 setiap pukul 15.00 WIB.

Pria yang akrab disapa Yuri kala itu bahkan sering dijuluki pembawa kabar kematian. Julukan ini datang karena Yuri sering menyampaikan angka kematian yang terus bertambah.

Ciri khas lain dari sosok Achmad Yurianto adalah setelah batiknya yang selalu jadi perbincangan. Salah satu motif batik yang ia populerkan adalah 'Batik Corona', yang sebenarnya adalah baju untuk peringatan Hari AIDS. Kebetulan, struktur HIV (Human Immunodeficiency Virus) serupa dengan SARS-CoV-2, virus Corona penyebab COVID-19.

2. Reisa Broto Asmoro

Setelah beberapa waktu tampil solo, Achmad Yurianto mendapatkan 'pendamping' yakni dr Reisa Broto Asmoro. Berusia jauh lebih muda, dr Reisa yang juga seorang finalis Putri Indonesia, diharapkan bisa memberikan nuansa baru yang lebih segar, mengimbangi sang 'pembawa kabar kematian' Achmad Yurianto.

Menjadi anggota tim komunikasi publik untuk penanganan COVID-19 sejak 8 Juni 2021, dr Reisa bersama dr Achmad Yurianto secara bergantian menyampaikan kondisi terkini terkait penanganan Corona di Indonesia.

Usai Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dibubarkan, dr Reisa 'pensiun' dan tak lagi menyampaikan update penanganan virus Corona.

"Mulai hari ini saya tidak lagi mengedukasi melalui press conference harian. Tetapi InsyaAllah saya akan tetap meneruskan edukasi publik melalui platform yang berbeda," tulis dr Reisa dalam postingan di akun Instagram pribadinya yang dilihat detikcom, Rabu (22/7/2020).

Namun, di beberapa kesempatan, dr Reisa Broto Asmoro masih terus hadir mengedukasi publik dalam laman YouTube Sekretariat Presiden.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Jubir Covid-19 Jawab Kapan Pemberian Vaksin Booster Dimulai"
[Gambas:Video 20detik]