Selasa, 02 Mar 2021 18:36 WIB

Vaksin Anhui dari China Uji Klinis di Bandung-Jakarta, Minat Jadi Relawan?

Yudha Maulana - detikHealth
The doctor prepares the syringe with the cure for vaccination. Ilustrasi vaksin (Foto: iStock)
Bandung -

Tim uji klinis vaksin COVID-19 Anhui masih membuka pendaftaran bagi relawan di Bandung dan Jakarta. Seperti diketahui, uji klinis fase tiga vaksin ini membutuhkan 4.000 relawan.

Peneliti utama uji klinis fase III vaksin Anhui Rodman Tarigan, mengatakan pendaftaran masih akan dibuka hingga akhir April 2021. Saat ini, dari jumlah relawan yang dibutuhkan baru terisi 300 relawan.

Berbeda dengan uji klinis vaksin yang telah dilakukan sebelumnya, pada uji klinis vaksin Anhui ini tidak ada batasan usia maksimal bagi relawan yang ingin mendaftar.

"Batasan usia minimal 18 tahun, dan tidak ada batasan usia maksimal, juga belum mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 sebelumnya," kata Rodman di RSP Unpad, Kota Bandung, Selasa (2/3/2021)

Ia mengatakan, nantinya para relawan akan mendapatkan asuransi dan mendapatkan tiga kali suntikan. Kesehatan relawan juga akan terus dipantau secara intensif selama masa uji klinis dilakukan.

"Kepada relawan tetap harus mengikuti protokol kesehatan, bila mana ada tanda-tanda ke arah gejala COVID-19, harus melaporkan ke enam rumah sakit tadi, nanti rumah sakit akan ditunjuk satu orang untuk melakukan pengawasan, bila mengarah ke arah suspek COVID-19 akan ditindaklanjuti untuk swab," tutur Rodman.

Sebelumnya, uji klinis fase III vaksin rekombinan Anhui ini dilakukan di Ekuador, China, Pakistan dan Uzbekistan. Di Indonesia sendiri, ada enam rumah sakit yang menjadi site penelitian di Bandung dan Jakarta.

Enam rumah sakit itu yakni:

  1. RSUP Hasan Sadikin
  2. RS Immanuel
  3. RS Unggul Karsa Medika
  4. RSIA Limijati
  5. RS Advent
  6. RS Al-Ihsan.


Simak Video "Apakah Tubuh Jadi Kebal COVID-19 Setelah Divaksin? "
[Gambas:Video 20detik]
(yum/up)