Rabu, 03 Mar 2021 12:15 WIB

Diidap Rina Gunawan Sebelum Meninggal, Apa Dampak COVID-19 ke Asma?

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Rina Gunawan Rina Gunawan meninggal dunia. (Foto: Instagram @rinagunawan28)

Bagaimana pengaruh COVID-19 terhadap asma?

Dikutip dari Insider, asma merupakan kondisi penyempitan dan pembengkakan saluran napas, sehingga dapat menyebabkan sesak napas, batuk, dan mengi.

Ahli paru dari Ohio State University Wexner Medical Center, Megan Conroy, mengatakan bahwa infeksi virus dapat memperburuk asma seseorang. Oleh karena itu, COVID-19 berisiko memperburuk asma.

Meski begitu, hingga kini para dokter belum mengetahui secara pasti apakah semua penderita asma akan mengalami pemburukan ketika terkena COVID-19.

"Kami belum memiliki data populasi yang besar tentang hasil penderita asma yang terinfeksi virus Corona, untuk mengetahui dengan pasti apakah hasilnya lebih buruk," ucap Conroy.

"Namun, kekhawatirannya adalah bahwa eksaserbasi (serangan) asma dengan penyakit COVID-19 memiliki potensi yang lebih tinggi untuk menyebabkan penyakit kritis," lanjutnya.

Meski penderita asma berisiko mengalami pemburukan jika terkena COVID-19, namun asma tidak membuat penderitanya menjadi lebih rentan tertular virus Corona.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), secara teoritis, memiliki asma dan COVID-19 secara bersamaan berpotensi menyebabkan penyakit yang parah, termasuk pneumonia, pernapasan akut, atau serangan asma.

Maka dari itu, Conroy menyarankan bagi penderita asma untuk terus meminum obat pengontrol mereka, seperti inhaler kortikosteroid atau inhaler kombinasi sebagaimana yang telah diresepkan oleh dokter untuk mengurangi peradangan paru-paru dan menurunkan risiko memburuknya serangan asma.

"Pastikan Anda menggunakan inhaler dengan benar dan jangan melewatkan dosis," tegas Conroy.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Persiapan yang Harus Dilakukan untuk Menuju Endemi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]

(ryh/up)