Rabu, 03 Mar 2021 14:00 WIB

Cerita Bidan Novel Sukses Bantu Bumil Fobia Jarum Suntik Lahiran Tanpa Robek

Yuviniar Ekawati - detikHealth
Bidan Novel Foto: Dok. Pribadi
Jakarta -

Seorang bidan yang sempat viral karena membantu proses melahirkan dengan metode tiup-tiup tanpa mengejan dan robek di daerah vagina.

Ia kini kembali memperlihatkan teknik melahirkan yang tidak biasa, yaitu dengan tanpa memberikan infus pada pasiennya.

Bidan Novelia Damanik yang akrab disapa Bidan Novel ini membagikan video seorang ibu berusia 23 tahun yang melahirkan anak pertamanya.

Bidan Novel berhasil membantu ibu tersebut melahirkan tanpa terjadi robekan pada vagina dan daerah sekitarnya.

Ibu tersebut juga fobia akan jarum suntik sehingga Bidan Novel membantu pasiennya itu melalui proses lahiran tanpa perlu diinfus selama proses persalinan.

"Baby-nya sebesar ini enggak pake jahit-jahit. Nah, kebetulan Bunda ini takut banget sama jarum, tadi lihat jarum suntik saja jerit-jerit," kata bidan Novel, dikutip dari Instagram, Selasa (2/3/2021).

Bidan Novel menjelaskan alasan dia tidak memberikan suntikan infus karena kondisi pasien baik-baik saja.

Atas tekniknya ini ia mengatakan, "Karena kondisinya fine, dia enggak mau diinfus, it's okay, sesuai permintaan. Dia seperti fobia jarum begitu, jadi bu bidan harus memahaminya."


Cairan infus sebenarnya digunakan sebagai tindakan pencegahan kepada pasien jika kondisi rahimnya tidak memungkinkan untuk melahirkan.

"Tapi kalau memang harus, cara menghindari fobia itu kita infus diam-diam karena itu preventif, kalau kita lihat rahimnya agak lembek untuk pencegahan. Tapi, ini semua sengat fine, ngeluarin ari-ari juga cuma pijit-pijit di atasnya, darahnya juga enggak banyak," tambahnya.

Meski tanpa proses sobekan, pasiennya masih merasakan nyeri usai menjalani proses lahiran. Menurut Bidan Novel, itu merupakan hal yang wajar dirasakan ibu usai melahirkan.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Kasus Gangguan Kesehatan yang Diviralkan Efek Kecanduan Game"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)