Kamis, 04 Mar 2021 07:30 WIB

6 Cara Menghindari Varian Baru Corona B117 yang Sudah Masuk Indonesia

Yuviniar Ekawati - detikHealth
Masyarakat melintas dikawasan kendal, Jakarta, Rabu (25/11/2020). Tambahan kasus virus Corona (COVID-19) di Indonesia kembali memecahkan rekor pada hari ini. Tambahan 5.534 kasus Corona tersebar di 33 provinsi di Indonesia. Virus Corona COVID-19 (Foto: Grandyos Zafna)

4. Memakai masker

CDC melaporkan bahwa masker dapat mengurangi penyebaran COVID-19. Masker bedah atau N95 dipercaya efektif menjadi proteksi dari terpapar virus.

Tapi, bagi yang menggunakan masker kain, perhatikan jenis kain dan lapisan kainnya sesuai himbauan CDC. dr Anthony Fauci juga menyarankan untuk memakai masker rangkap demi menghindari varian baru Corona B117.

Namun, pemakaian masker rangkap tak boleh asal-asalan. Di lapisan pertama sebaiknya mengenakan masker medis sekali pakai, di lapisan kedua baru mengenakan masker kain.

5. Rutin cuci tangan dan wajib selalu bawa hand sanitizer

Membersihkan tangan dilakukan dengan menggunakan air dan sabun selama 20 detik. Jika kesulitan mengakses air, gunakanlah hand sanitizer dengan kandungan alkohol 60 persen.

Di kondisi ini Braunstein mengingatkan, aktivitas seperti menyentuh permukaan benda yang disentuh termasuk kartu kredit atau pegangan pompa bensin tentu berisiko.

6. Vaksin Corona

Vaksinasi COVID-19 diyakini bisa membuat seseorang tak mengalami sakit parah akibat COVID-19. Maka dari itu, saat mendapat giliran, sesegera mungkin untuk melakukan vaksinasi.

"Namun, bisa dibayangkan bahwa salah satu varian lain, atau varian masa depan, mungkin memerlukan vaksin baru," katanya mengingatkan untuk divaksin sesegera mungkin jika memiliki kesempatan.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Apa Arti Kode B117 pada Varian Corona Inggris yang Masuk ke RI?"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)