Kamis, 04 Mar 2021 08:35 WIB

Varian Corona B117 Masuk RI, Pakar Singgung Ancaman Mutasi 'Hybrid'

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Kasus positif COVID-19 di Indonesia terus bertambah dan diprediksi tembus 1 juta kasus di tengah penerapan PPKM dan dicanangkannya vaksinasi virus Corona. Virus Corona COVID-19 (Foto: Grandyos Zafna)
Topik Hangat Corona B117 Masuk RI
Jakarta -

Tepat setahun peringatan pandemi COVID-19 di Indonesia, Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono mengumumkan temuan 2 kasus varian baru Corona B117 asal Inggris. Pakar mengingatkan sejumlah kemungkinan dampaknya.

Sebagaimana mutasi virus lainnya, kemunculan varian Corona B117, atau lebih tepatnya B.1.1.7, di Inggris membawa sejumlah kemungkinan dampak yang perlu diamati. Mantan Direktur WHO SEARO, Prof Tjandra Yoga Aditama, menyebut 5 di antaranya.

Salah satu yang disinggung adalah soal kemungkinan terjadinya gabungan satu mutasi dengan mutasi lainnya. Beberapa kasus infeksi yang melibatkan 2 jenis mutasi sekaligus telah dilaporkan di Inggris.

"Di Inggris sudah dilaporkan pasien-pasien yang terinfeksi B.1.1.7 dan juga B.1351 yang dari Afrika Selatan," jelas Prof Tjandra kepada wartawan, Rabu (3/3/2021).

"Artinya, kita semua juga perlu waspada terhadap kemungkinan mutasi ganda seperti ini," pesannya.

Kemungkinan dampak lainnya adalah sebagai berikut:

1. Diagnosis

Menurut Prof Tjandra, yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes), saat ini PCR (polymerase chain reaction) masih berfungsi dengan baik meskipun ada perubahan pada antena atau 'spike' virus akibat mutasi yang terjadi.

2. Penularan

Bukti terbaru menyebut B.1.1.7 memang lebih menular dibanding versi lama. Beberapa data menyebut penularannya 30-50 persen lebih sering terjadi.

3. Berat-ringan penyakit

Prof Tjandra menyebut, NERVTAG pada 11 Februari 2021 menyampaikan laporan resmi tentang analisa data bahwa mutasi B.1.1.7 nampaknya berhubungan dengan peningkatan risiko harus dirawat di rumah sakit, bahkan juga kematian. Laporan ini juga disertai catatan adanya potensi kelemahan dalam sistem pengumpulan data.

NERVTAG (New and Emerging Respiratory Virus Threats Advisory Group) adalah badan khusus yang dibentuk pemerintah Inggris untuk mempelajari B.1.1.7.

Bagaimana dampak mutasi pada varian Corona B117 terhadap efektivitas vaksin? Selengkapnya di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Apa Arti Kode B117 pada Varian Corona Inggris yang Masuk ke RI?"
[Gambas:Video 20detik]
Topik Hangat Corona B117 Masuk RI