Kamis, 04 Mar 2021 10:54 WIB

Kemenkes Angkat Bicara Soal Gejala Corona B117 yang Masuk Indonesia

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kasus positif COVID-19 di Indonesia terus bertambah dan diprediksi tembus 1 juta kasus di tengah penerapan PPKM dan dicanangkannya vaksinasi virus Corona. Virus Corona COVID-19. (Foto: Grandyos Zafna)
Topik Hangat Corona B117 Masuk RI
Jakarta -

Pemerintah mengungkap temuan dua kasus varian baru Corona B117 di Karawang. Berdasarkan keterangan, kedua pasien merupakan pekerja migran indonesia (PMI) yang datang dari Arab Saudi beberapa waktu lalu.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi mengungkap kondisi terkini dua pasien yang terinfeksi virus Corona varian baru B117.

"Gejala sama dengan infeksi virus COVID biasa. Kondisi sudah sehat, sudah kembali bersama keluarga," kata dr Nadia kepada detikcom, Kamis (4/3/2021).

Menurut dr Nadia, kedua kasus tersebut ditemukan saaat surveilens genom sequensing pada pelaku perjalanan. "Jadi dari orang yang datang dari Arab," sebutnya.

Saat ini pihaknya masih melakukan proses tracing ke sejumlah orang yang pernah kontak dekat dengan pasien. Juru bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Karawang dr Fitra Hergyana menyebut total sudah ada 15 orang yang ditracing terkait temuan kasus Corona B117.

Dari 2 kasus yang ditemukan, Fitra menyebut hanya ada satu yang mengeluhkan gejala yakni Ny M. Namun disebutkan, gejala yang dikeluhkan masih dikategorikan ringan.

"Sudah negatif dan sebenarnya baik-baik saja, sebelumnya yang satu kan memang sempat ada demam dan batuk Mbak tapi sudah pulih," kata Fitra, Rabu (3/3/2021).



Simak Video "Apa Arti Kode B117 pada Varian Corona Inggris yang Masuk ke RI?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)
Topik Hangat Corona B117 Masuk RI