Kamis, 04 Mar 2021 11:20 WIB

Terbawa Emosi Gara-gara Corona B117 Masuk RI? Ini Saran Dokter Jiwa

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Close-up portrait of doctor in hospital operating room Foto: Getty Images/graphixel
Topik Hangat Corona B117 Masuk RI
Jakarta -

Masuknya varian Corona B117 di tengah vaksinasi COVID-19 memicu rasa cemas dan emosi. Ada yang khawatir Corona B117 bisa memicu lonjakan di tengah kasus COVID-19 yang belum teratasi, hingga rasa cemas vaksin tak akan efektif lagi.

Meski begitu, Ketua Tim Uji Klinis Vaksin COVID-19 Prof Kusnandi Rusmil meyakini vaksin Sinovac akan tetap efektif melawan varian baru Corona B117.

"Saya lagi teliti, kita meneliti di Indonesia, Brasil, Uni Emirat Arab, Turki melihat efektivitasnya. Tapi kalau setahun, harapan saya masih efektif, jadi memang tidak berhenti-hentinya meneliti," kata Kusnandi.

Jika rasa cemas masih terus muncul dan kerap berakhir emosi berlebihan, pakar kesehatan jiwa dr Lahargo Kembaren dari SpKJ dari RS Siloam Bogor menyebut ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Apa saja?

1. Pola hidup sehat

Menjaga pola hidup sehat bisa mengatasi rasa cemas dan khawatir yang berlebihan. Pastikan selalu mengonsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup, hingga rutin berolahraga.

2. Memperbanyak komunikasi dengan lingkungan terdekat

"Merasakan cemas, sedih, stres, bingung, takut dan marah adalah perasaan yang Normal saat menghadapi krisis. Berbicara dengan orang yang dapat dipercaya seperti keluarga dan teman akan membantu meredakan perasaan tersebut," jelas dr Lahargo.

3. Stop merokok dan minum alkohol!

Tak hanya buruk bagi kesehatan fisik, rasa cemas juga sulit diatasi jika dua kebiasaan ini masih sering dilakukan. Ada baiknya segera berhenti merokok, minum alkohol, hingga menjauhi narkoba demi jiwa yang lebih sehat.

4. Pilah informasi

Informasi semakin mudah didapat saat ini, dr Lahargo berpesan kita harus pintar memilah dan memilih mana informasi yang akurat dan melakukan pencegahan sesuai pedoman yang dianjurkan.

5. Teknik manajemen stres

dr Lahargo menganjurkan untuk mengatasi rasa emosi di masa-masa sebelumnya agar kita bisa lebih baik menghadapi rasa tak nyaman di kemudian hari. Ada beragam cara atau teknik yang bisa dilakukan seperti:

- Ambil napas dalam
- Relaksasi otot progresif
- Teknik grounding

"Relaksasi, santai, isi waktu luang dengan kegiatan positif, seimbangkan aktivitas digital dengan aktivitas non digital," tutupnya.



Simak Video "Tips Melindungi Diri dari Virus Corona B117"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)
Topik Hangat Corona B117 Masuk RI