Kamis, 04 Mar 2021 13:12 WIB

Kapan Pandemi COVID-19 Berakhir? Begini Prediksi Terbaru dari WHO

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak Prediksi WHO soal berakhirnya pandemi. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/oonal)
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan mustahil mengharapkan pandemi COVID-19 bisa berakhir pada akhir tahun ini, meski penularan virus mulai terkendali.

"Saya pikir ini akan sangat prematur dan saya pikir tidak realistis untuk berpikir bahwa kita akan menyelesaikan virus ini pada akhir tahun ini," kata kepala program kedaruratan WHO Michael Ryan, yang dikutip dari New York Post, Kamis (4/3/2021).

"Jika kita pintar, kita bisa menyelesaikan masalah rawat inap dan kematian, serta tragedi yang terkait dengan pandemi ini," lanjutnya.

Ryan mengatakan, berdasarkan data yang ada menunjukkan bahwa vaksin COVID-19 yang ada saat ini telah membantu memperlambat lajunya penyebaran virus Corona. Hal ini memberikan dampak yang signifikan terhadap risiko penularan virus.

"Jika vaksin bisa berdampak tidak hanya pada kasus kematian dan rawat inap pasien, tetapi juga memiliki dampak yang signifikan terhadap dinamika penularan dan risiko penularan, saya yakin kita akan mempercepat pengendalian pandemi ini," ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengungkapkan penyesalannya saat kelompok usia muda yang sehat di beberapa negara maju menerima vaksin lebih dulu, sementara para pekerja garis depan di negara berkembang belum mendapatkannya.

"Negara tidak berlomba dengan satu sama lain. Ini adalah perlombaan umum melawan virus. Kami tidak meminta negara untuk mempertaruhkan rakyatnya sendiri," jelas Tedros.

"Kami meminta semua negara untuk menjadi bagian dari upaya global, untuk menekan penyebaran virus di mana-mana," imbuhnya.



Simak Video "Eropa Diamuk Covid-19, WHO Perkirakan 2,2 Juta Nyawa Melayang"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)