Jumat, 05 Mar 2021 10:45 WIB

Soal Varian Corona B117, Kemenkes: Cepat Menular Tapi Tak Bikin Sakit Berat

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Yellow SARS-CoV-2 lineage B.1.1.7 mutation virus tape barrier beyond a quarantine point. Varian baru Corona B117. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/serts)
Topik Hangat Corona B117 Masuk RI
Jakarta -

Masuknya varian baru Corona B117 di Indonesia membuat sebagian orang menjadi cemas dan khawatir. Pasalnya, virus Corona jenis ini disebut dapat menular dengan cepat.

Menanggapi hal ini, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan (Kemenkes) drg Oscar Primadi, MPH, mengatakan masyarakat tak perlu panik secara berlebihan, namun tetap harus waspada.

"Tentunya kita harus siap, kita harus waspada, virus tetap bisa menularkan ke siapa pun. Orang yang terinfeksi varian ini tentunya dapat menularkan dalam jumlah yang besar," kata Oscar dalam talkshow di Radio Kementerian Kesehatan, Jumat (5/3/2021).

"(namun) Kecepatan penularan mutasi ini tidak menyebabkan kondisi pasien menjadi berat," lanjutnya.

Oscar juga menjelaskan pemerintah akan terus berupaya dalam mengembangkan penelitian dan riset serta menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga, baik di tingkat nasional maupun internasional, untuk mengatasi ancaman munculnya virus Corona jenis baru, seperti varian Corona B117.

"Tentunya kami akan saling bertukar informasi, saling menguatkan, hal-hal yang bisa kita tangkal bersama terhadap persoalan yang sedang kita hadapi saat ini. Sekali lagi tetap tidak usah resah, namun tetap waspada," jelasnya.

Oscar pun menghimbau agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan, terutama memakai masker, rutin mencuci tangan, dan menjauhi kerumunan.



Simak Video "Antisipasi Penyebaran Corona B117, Purwakarta Perketat 3M dan Tracing"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/up)
Topik Hangat Corona B117 Masuk RI