Jumat, 05 Mar 2021 11:06 WIB

Daftar Negara Asia yang Laporkan Varian Baru Corona B117

Ayunda Septiani - detikHealth
Police officers check vehicles at a roadblock to ensure that people abide by a movement control order on the outskirts of Kuala Lumpur, Malaysia, Wednesday, Oct. 14, 2020. Malaysia will restrict movements in its biggest city Kuala Lumpur, neighboring Selangor state and the administrative capital of Putrajaya from Wednesday to curb a sharp rise in coronavirus cases. (AP Photo/Vincent Thian) Daftar negara di Asia yang telah melaporkan kasus varian baru Corona B117. (Foto: AP/Vincent Thian)
Jakarta -

Virus Corona COVID-19 diketahui sudah bermutasi dan melahirkan beberapa varian baru. Salah satu varian virus Corona baru adalah B117, yang pertama kali terdeteksi di Inggris pada November 2020 lalu.

Mutasi varian baru B117 dikonfirmasi terdeteksi di Indonesia. Wakil Menteri Kesehatan RI dr Dante Saksono mengumumkan dua kasus varian Corona dari Inggris, Selasa (2/3/2021).

"Saya mendapatkan informasi bahwa tepat dalam setahun ini kita menemukan mutasi B117 UK mutation di Indonesia," ungkapnya dalam konferensi pers setahun pandemi Corona RI.

Indonesia bukan negara pertama di Asia yang melaporkan adanya mutasi baru virus Corona B117.

1. Malaysia

Malaysia pertama kali laporkan kasus varian baru virus Corona B117 pada 9 Januari 2021. Dikutip dari laman Malay Mail, kasus varian baru tersebut terdeteksi pada pasien yang memiliki riwayat perjalanan dari Inggris.

Selain itu, kasus kedua dari varian yang sama juga ditemukan pada 5 Februari 2021 pada seorang pendatang yang baru sama kembali ke Malaysia dari Timur Tengah.

Hal ini diungkap oleh Direktur Jenderal Kementerian Kesehatan Malaysia Tan Sri Dr Noor Hisham Abdullah.

2. Singapura

Singapura melaporkan kasus pertama varian baru Corona B117 pada 23 Desember 2020. Pasien yang tidak disebutkan identitasnya tiba di Singapura pada 6 Desember 2020 dan melakukan karantina selama dua minggu sesuai protokol.

Dikutip dari laman CNA, pada 29 Januari 2021, Singapura mencatat 25 kasus COVID-19 dari varian tersebut. Departemen Kesehatan setempat menyebutkan, 5 dari 20 kasus merupakan kasus yang ditemukan di kelompok.

Sementara, 20 kasus lainnya ditemukan pada warga negara asing yang datang dari Eropa.

3. Vietnam

Vietnam melaporkan adanya varian baru virus Corona COVID-19 pada 28 Januari 2021. Dikutip dari laman CNA, Kementerian Kesehatan setempat mengkonfirmasi dua kasus yang ditularkan secara lokal.

Salah satunya terpapar pada seseorang yang telah dites positif di Jepang untuk varian B117 yang lebih menular.

4. Filipina

Filipina pertama mengkonfirmasi adanya mutasi virus Corona B117 dari Inggris pada Januari 2021 lalu.

Dikutip dari laman CNN Philippines, total kasus varian B117 di Filipina menjadi 62 kasus. Berdasarkan laporan dari Departemen Kesehatan Filipina, 13 kasus berasal dari orang Filipina yang kembali dari luar negeri di antara 3 hingga 27 Januari.

5. Thailand

Thailand juga melaporkan kasus pertama varian virus Corona B117 pada 3 Januari 2021. Dikutip dari laman Reuters, varian tersebut ditemukan dalam satu keluarga beranggotakan empat orang yang berada di karantina setelah tiba di Thailand dari Inggris.

Direktur Jenderal Departemen Pengendalian Penyakit Opas Karnkawinpong mengatakan, Kementerian Kesehatan telah merekomendasikan pemerintah untuk memperlambat semua penerbangan dari Inggris.

6. India

Sekitar 38 orang yang telah dites positif terinfeksi virus Corona dengan mutasi B117 pada 5 Januari 2021 lalu.

Dikutip dari laman Hindustan Times, saat itu semua orang yang terinfeksi langsung diisolasi di faskes yang sudah ditunjuk pemerintah.



Simak Video "Tips Melindungi Diri dari Virus Corona B117"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/up)