Jumat, 05 Mar 2021 12:12 WIB

Varian Corona B117 Tak Terbukti Picu Gejala Lebih Parah, Lalu Apa Bahayanya?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak Varian Corona B117 tak terbukti picu gejala lebih parah. (Foto: Getty Images/iStockphoto/oonal)
Topik Hangat Corona B117 Masuk RI
Jakarta -

Gejala pada pasien COVID-19 dengan varian virus Corona B117 asal Inggris disebut tidak lebih buruk dibanding pasien COVID-19 dengan varian virus yang ada sebelumnya.

Sebelumnya, beredar kabar bahwa varian virus Corona B117 menyebabkan gejala yang lebih berat pada pasien COVID-19. Vaksin yang sudah ada, termasuk SInovac di Indonesia dikhawatirkan tak mempan melawan varian virus baru ini.

Ketua Satgas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Zubairi Djoerban meluruskan, varian virus Corona baru ini tidak terbukti menimbulkan gejala lebih parah dan kasus kematian lebih banyak.

"Tidak benar bahwa kondisi pasien COVID-19 dengan varian Inggris B117 akan lebih berat atau mudah meninggal Dari sisi berat-ringan, penyakit tidak beda," terangnya saat dihubungi detikcom, Kamis (4/3/2021).

Sebelumnya, Prof Zubairi sempat membuat utas di Twitter membahas B117. Ia mengatakan, yang berbahaya dari kehadiran B117 ini memang bukan peningkatan kematian, melainkan penularannya yang amat mudah.

"Bisa jadi jumlah kasus harian kita bertambah lagi dan rumah sakit juga terkena imbasnya, jika varian ini dominan. Tapi tidak benar akan menyebabkan kematian yang lebih banyak," ujarnya, dikutip detikcom dari akun Twitter @ProfesorZubairi atas izin yang bersangkutan.

Dalam paparannya lebih lanjut pada detikcom, ia menyebut bahwa risiko yang perlu diperhatikan adalah peningkatan beban rumah sakit disebabkan penularan B117 yang cepat.

"Mengapa beban rumah sakit meningkat? Ya kalau yang terinfeksi banyak banget kan sebagian tidak semuanya OTG (Orang Tanpa Gejala), ada juga yang membutuhkan perawatan. Itu yang menyebabkan kemungkinan meningkatnya beban keterisian bed di rumah sakit rujukan COVID," imbuhnya.



Simak Video "WHO Tak Henti Keluarkan Peringatan soal Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)
Topik Hangat Corona B117 Masuk RI