Jumat, 05 Mar 2021 12:46 WIB

Ikut Jadi Relawan Uji Klinis, Status Ridwan Kamil Sudah Divaksin atau Belum?

Dony Indra Ramadhan - detikHealth
Gubernur Jabar Ridwan Kamil usai disuntik vaksin. Dalam uji klinis Vaksin Sinovac, tidak ada yang tahu Ridwan Kamil mendapat suntikan vaksin atau plasebo. (Foto: Yudha Maulana)
Bandung -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi salah satu relawan dalam uji klinis vaksin COVID-19 Sinovac beberapa waktu lalu. Mengingat sudah mendapat 2 kali suntikan, dan relawan tidak tahu mendapat suntikan vaksin atau plasebo, status Ridwan Kamil termasuk sudah divaksin atau belum sih?

Ketua tim uji klinis vaksin COVID-19 dari Universitas Padjajaran Kusnandi Rusmil menyebut belum bisa memastikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil disuntik vaksin atau plasebo. Sebab, data uji klinis vaksin belum dibuka.

"Ya memang sudah disuntik, tapi apakah disuntiknya plasebo atau vaksin kita nggak tahu," ujar Kusnandi saat dihubungi, Jumat (5/3/2021).

Kendati demikian, kata Kusnandi, bila Kang Emil sapaan Ridwan Kamil merasa nyeri, bisa juga kemungkinan mendapatkan vaksin.

"Tapi kalau pak gubernur merasa dia dapat vaksin bisa-bisa saja, karena disuntiknya itu kan dibandingin yang dapat vaksin dan yang dapat cairan. Kalau dia merasa agak nyeri ya itu kali vaksin. Kan boleh-boleh saja," kata dia.

Pihaknya belum bisa memastikan yang disuntikan ke Emil itu vaksin atau plasebo. Sebab, data uji klinis belum dibuka. Pihaknya belum mengetahui kapan data uji klinis Ridwan Kamil akan dibuka oleh Puskesmas Garuda tempat Ridwan Kamil disuntik.

"Kan dia dapatnya di Puskesmas Garuda, nah puskesmas Garuda dibukanya besok atau kapan saya kurang tahu kan ada panitianya," tutur dia.



Simak Video "Uji Klinis Vaksin, Ridwan Kamil Kembali Jalani Pengambilan Darah"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)