Jumat, 05 Mar 2021 14:54 WIB

Banyak yang Baru, Ada Berapa Sih Varian Corona di Seluruh Dunia?

Ayunda Septiani - detikHealth
Virus Corona terbaru atau Sars-Cov-2 yang menjadi penyebab COVID-19 memang berbahaya. Tapi tampilannya di bawah mikroskop bisa sangat bertolak belakang. Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: NIAID)

Berikut beberapa varian Corona yang perlu kamu tahu dan menjadi perhatian dunia.

1. Varian UK B117

Varian asal Inggris yang dinamai B117 pertama kali dilaporkan di Amerika Serikat pada akhir Desember 2020 lalu. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (AS) menyebut varian ini menyebar lebih cepat dan mudah daripada varian lain.

Pakar penyakit menular di Amerika Serikat (AS) Dr Anthony Fauci mengatakan pada bahwa penyakit ini bisa menjadi strain dominan di Amerika Serikat pada Maret.

Pada 23 Februari lalu, ada 1.881 kasus yang dilaporkan dari varian Inggris ini di 45 bagian AS. Varian ini juga menyebar di Denmark dan Skandinavia.

2. Varian Afsel B.1.351

Varian Afsel yang dikenal sebagai B1351 disebut memiliki mutasi yang sama dengan strain asal Inggris. Data menunjukkan, mutasi virus Corona asal Afsel ini muncul pertama kali pada bulan Oktober dan pada saat itu sudah menyebar di negara lain, termasuk AS.

Pada akhir Januari lalu, CDC mengkonfirmasi dua kasus di Carolina Selatan. Adanya varian ini membuat kemungkinan terjadinya infeksi ulang. Sebuah studi vaksin di Afsel menemukan 2 persen orang yang pernah terinfeksi virus Corona telah terinfeksi ulang dengan suatu varian. Sejauh ini, varian Afsel telah terdeteksi di 14 negara bagian AS.

3. Varian Brasil (P1)

Varian virus Corona asal Brasil yang dikenal sebagai P1 pertama kali telah terdeteksi pada pertengahan Januari lalu pada pendatang Jepang dari negara bagian Amazonas di Brasil.

Varian ini tampaknya memiliki mutasi yang meningkatkan kekhawatiran tentang penularan dan potensi infeksi ulang, menurut CDC.

Manaus, kota terbesar di wilayah Amazon, mengalami lonjakan kasus pada bulan Desember, meskipun 75 persen populasi sudah terinfeksi pada bulan Oktober. Lima kasus varian Afsel ini telah dilaporkan oleh CDC di AS di Minnesota, Oklahoma, Maryland dan Florida.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Varian Baru Corona B117 Disebut 71 Persen Cepat Menular"
[Gambas:Video 20detik]