Jumat, 05 Mar 2021 19:49 WIB

Uji Klinis Vaksin Sinovac di Bandung Masih Berlangsung, Kapan Selesai?

Dony Indra Ramadhan - detikHealth
Ratusan tenaga pendidik menjalani vaksinasi COVID-19 hari ini. Vaksinasi itu dilakukan agar sekolah bisa memulai belajar tatap muka pada tahun ajaran baru. Ilustrasi vaksin COVID-19 (Foto: Agung Pambudhy)
Bandung -

Uji klinis vaksin Sinovac di Bandung diperpanjang. Hal ini merujuk pada permintaan langsung dari organisasi kesehatan dunia WHO.

"Iya, WHO minta via Bio Farma agar penelitian diperpanjang," ucap ketua uji klinis vaksin COVID-19 Unpad Prof Kusnandi Rusmil saat dihubungi, Jumat (5/3/2021).

Menurut Kusnandi, WHO meminta perpanjangan waktu pengujian selama enam bulan. Sehingga, total waktu pengujian oleh Bio Farma selama satu tahun.

"Enam bulan (penambahan waktunya) setelah penyuntikan kedua. Ya jadinya setahun (total penelitian)," tuturnya.

Kusnandi pun mengungkap alasan WHO memperpanjang pengujian vaksin tersebut. Menurut dia, hal ini dilakukan untuk melihat hasil yang selama ini sudah diteliti.

"Ingin lihat saja apakah nantinya setelah sekian lama seperti apa. Nanti bisa tahu apakah diulang atau bagaimana. Kemungkinan itu nanti dapat imunisasi atau bagaimana. Ada tambahan satu lagi. Kita lihat nanti," kata dia.



Simak Video "Kata Kemenkes soal Rencana China Campur Beberapa Vaksin COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/up)