Sabtu, 06 Mar 2021 06:05 WIB

Wamenkes RI Ungkap Kondisi Terkini Survivor Corona B117

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Wamenkes Dante Saksono Harbuwono menerima Vaksin COVID-19 Wamenkes dr Dante Saksono Harbuwono (Foto: Ayunda Septiani/detikHealth)
Topik Hangat Corona B117 Masuk RI
Jakarta -

Wakil Menteri Kesehatan RI dr Dante Saksono menyampaikan kabar terkini terkait varian baru Corona B117. Saat ini pihaknya tengah melakukan penelusuran kontak kepada para kerabat kedua pasien tersebut.

Ia juga menegaskan bahwa varian B117 tidak menyebabkan peningkatan keparahan pada pasien. Terbukti dengan kedua pasien yang terinfeksi telah sembuh dan beraktivitas normal.

"Pasien yg menderita mutasi tersebut sekarang sudah sembuh fan beraktivitas seperti biasa lagi. Itu menunjukkan bahwa memang tidak ada perberatan dengan mutasi ini, yang jadi perbedaan dengan lainnya adalah pola penyebarannya yang lebih cepat," katanya saat ditemui detikcom di daerah Jakarta Selatan, Jumat (5/4/2021).

Meski demikian, ia mengimbau masyarakat tetap tak boleh lengah. Terlebih sudah ada bukti bahwa varian baru B117 ini lebih cepat menular dibandingkan dengan varian lainnya.

Untuk menghadapi varian baru ini, protokol kesehatan tetap menjadi kuncinya. Usahakan tetap tinggal di rumah jika tak ada kebutuhan mendesak. Ingat agar selalu memakai masker dengan benar yakni menutupi hidung dan mulut jika memang harus bepergian.

"Pelajaran yang bisa kita ambil dari mutasi ini bahwa kita tidak boleh lengah walau sudah setahun menjalani hidup seperti ini. Dengan adanya mutasi maka kita harus lebih protektif lagi menjalankan 3M," pungkasnya.



Simak Video "Apa Arti Kode B117 pada Varian Corona Inggris yang Masuk ke RI?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)
Topik Hangat Corona B117 Masuk RI