Minggu, 07 Mar 2021 06:04 WIB

WHO Bakal Umumkan Asal-usul COVID-19 pada 15 Maret

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Virus corona yang menyebar di wilayah Wuhan, China, membuat sejumlah warganya terjangkit dan harus dievakuasi ke rumah sakit. Tim medis pun bantu evakuasi warga WHO akan umumkan hasil investigasi tentang asal-usul virus Corona COVID-19 (Foto: Chinatopix via AP Photo)
Jakarta -

Tim ahli dari organisasi kesehatan dunia WHO telah menyelesaikan investigasi di Wuhan untuk mengungkap asal usul virus Corona COVID-19. Hasilnya akan dipublikasikan dalam waktu dekat.

"Saat ini dijadwalkan pada 14-15 Maret," kata Peter Ben Embarek, kepala misi investigasi, dalam temu media di Jenewa, dikutip dari Reuters, Minggu (7/2/2021).

Ben Embarek yang merupakan pakar penularan penyakit dari hewan ke manusia mengatakan pada akhir misi bilan lalu, bahwa virus kemungkinan berasal dari kelelawar. Namun belum diketahui bagaimana bisa meloncat ke manusia.

Kemungkinan virus bocor dari laboratorium telah dibantahnya.

Semula, tim WHO sempat menjadwalkan untuk mengumumkan hasil awal investigasi yang dilakukan. Namun rencana ini batal.

"Apa yang dilakukan tim adalah bekerja sangat keras untuk menyelesaikan laporan utuh sehingga kita bisa menyampaikan diskusi yang layak seputar laporan tersebut," kata Mike Ryan, pakar kedaruratan WHO.



Simak Video "Spekulasi Tim WHO di Wuhan: Corona Dapat Ditemukan di Laboratorium"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)